Respon positif pun hadir, dengan beberapa anggota grup menyampaikan "Aamiin" sebagai bentuk dukungan. Sekolah Model Batam 65 turut memberikan reaksi yang memperlihatkan antusiasme dan solidaritas terhadap perkembangan informasi tersebut.
Pada 14 September 2024, nomor +62 xxxx 54 berbagi sebuah tautan dan dokumen proposal terkait World Cleanup Day (WCD) 2024. Pesan ini menjadi ajakan untuk komunitas pendidikan agar berpartisipasi dalam kegiatan berskala global tersebut, sekaligus mempererat hubungan sosial di luar aktivitas akademik. Hal ini menandakan pentingnya keterlibatan guru dalam aksi peduli lingkungan yang memberi dampak positif bagi masyarakat luas.
Keesokan harinya, 15 September 2024, Amir Mahmud Zein Nst menyampaikan pesan penuh semangat kepada komunitas Guru Penggerak. Ia mengingatkan pentingnya menjaga semangat dalam melaksanakan tugas pendidikan. Pesan ini dikhususkan untuk guru jenjang TK, SD, dan SMP yang sering menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk mendukung pembelajaran dan meningkatkan kinerja.
Amir Mahmud juga menjelaskan beberapa indikator prestasi dalam penggunaan PMM, seperti menyelesaikan lebih dari 10 pelatihan mandiri, menjadi kontributor perangkat ajar dan cerita praktik baik, serta menjadi penggerak komunitas belajar di sekolah. Guru-guru yang memenuhi indikator tersebut diminta untuk mengirimkan profil PMM mereka kepada sekretaris KGB, Putri Pahlawani, untuk keperluan pendataan.
Pesan ini bukan sekadar ajakan, tetapi juga penghargaan terhadap dedikasi para guru dalam memanfaatkan PMM. Dengan mengirimkan profil PMM, guru memiliki kesempatan untuk menunjukkan kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan yang lebih baik.
Diskusi di grup ini menunjukkan bagaimana para guru saling mendukung dan berkolaborasi untuk memajukan pendidikan. Kegiatan seperti pertemuan, partisipasi dalam WCD, dan pemanfaatan PMM menjadi bukti nyata bagaimana komunitas guru tidak hanya bekerja di ruang kelas, tetapi juga bergerak bersama untuk menciptakan dampak positif yang lebih luas.
Percakapan ini mencerminkan semangat kolaborasi dan pengembangan profesionalisme di antara guru. Dengan terus berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini, mereka menunjukkan peran aktifnya sebagai agen transformasi pendidikan sekaligus penggerak perubahan sosial.
Dukungan yang diberikan kepada satu sama lain dalam grup ini membuktikan bahwa pendidikan adalah usaha kolektif yang melibatkan seluruh elemen. Melalui berbagai inisiatif, para guru membangun jejaring yang kuat untuk mencapai tujuan bersama: pendidikan berkualitas untuk semua.
0 Comments
Terimakasih