PERBANDINGAN CP 2024 (KEP. KEPALA KBSKAP, NO. 032/H/KR/2024, 11 Juni 2024) DAN 2025 (KEP KEPALA BSKAP NO. 046/H/KR/2025, 16 JULI 2025) FASE A,B,C KURIKULUM MERDEKA

 PERBANDINGAN CP 2024 (KEP. KEPALA KBSKAP, NO. 032/H/KR/2024, 11 Juni 2024) DAN 2025 (KEP KEPALA BSKAP NO. 046/H/KR/2025, 16 JULI 2025) FASE A,B,C KURIKULUM MERDEKA 

Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd., Pengawas Pendamping Satuan Pendidikan Kota Kendari

1. CAPAIAN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Sudah Dikoreksi CP 2024  2025)

    a. Agama Islam dan Budi Pekerti Fase A 

Elemen

CP 2024

CP 2025

  1. Al-Qur’an  

Hadis 


Peserta didik memahami huruf hijaiah berharakat, huruf hijaiah bersambung, Surah al-Fātiḥah, beberapa surah pendek Al-Qur’an, dan hadis tentang kebersihan.

Memahami huruf hijaiah berharakat, huruf hijaiah bersambung, Surah al-Fātiḥah, beberapa surah pendek Al-Qur’an, dan hadis tentang kebersihan.

  1. Akidah

Peserta didik memahami rukun iman, iman kepada Allah Swt., beberapa asmaulhusna, dan iman kepada malaikat.

Memahami rukun iman, iman kepada Allah Swt., beberapa asmaulhusna, dan iman kepada malaikat. 

1.3. Akhlak 


Peserta didik memahami akhlak terhadap Allah Swt. dengan menyucikan dan memuji-Nya dan akhlak terhadap diri sendiri.

Memahami akhlak terhadap Allah Swt. dengan menyucikan dan memuji-Nya dan akhlak terhadap diri sendiri.

1.4. Fikih 


Peserta didik memahami rukun Islam, syahadatain, tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir, dan berdoa setelah salat.

Memahami rukun Islam, syahadatain, tata cara bersuci, salat fardu, azan, ikamah, zikir, dan berdoa setelah salat.

1.5. Sejarah Peradaban Islam 

Peserta didik memahami kisah beberapa nabi dan rasul.

Memahami kisah beberapa nabi dan rasul. 


    b. Agama Islam dan Budi Pekerti Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025

  1. Al-Qur’an  

Hadis 


Peserta didik memahami beberapa surah pendek, ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama.

Memahami beberapa surah pendek, ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban salat dan menjaga hubungan baik dengan sesama.

  1. Akidah

Peserta didik memahami sifat-sifat Allah Swt., beberapa asmaulhusna, iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dan rasul-rasul Allah Swt.

Memahami sifat-sifat Allah Swt., beberapa asmaulhusna, iman kepada kitab-kitab Allah Swt. dan rasul-rasul Allah Swt.

2.3. Akhlak 


Peserta didik memahami akhlak terhadap Allah Swt. dengan berbaik sangka kepada-Nya, akhlak terhadap orang tua, keluarga, dan guru.

Memahami akhlak terhadap Allah Swt. dengan berbaik sangka kepada-Nya, akhlak terhadap orang tua, keluarga, dan pendidik. 

2.4. Fikih 


Peserta didik memahami puasa, salat jumat dan salat sunah, balig dan tang-gung jawab yang menyertainya (taklīf).

Memahami puasa, salat jumat dan salat sunah, balig dan tanggung jawab yang menyertainya (taklīf). 

2.5. Sejarah Peradaban Islam 

Peserta didik memahami kisah Nabi Muhammad saw. sebelum dan sesudah menjadi rasul periode Makkah.

Memahami kisah Nabi Muhammad saw. sebelum dan sesudah menjadi rasul periode Makkah.

    c. Agama Islam dan Budi Pekerti Fase C 

Elemen

CP 2024

CP 2025

  1. Al-Qur’an  

Hadis 


Peserta didik memahami beberapa surah pendek dan ayat Al-Qur’an serta hadis tentang keragaman.

Memahami beberapa surah pendek dan ayat Al-Qur’an serta hadis tentang keragaman.

  1. Akidah

Peserta didik memahami beberapa asmaulhusna, iman kepada hari akhir, qadāʾ dan qadr.

Memahami beberapa asmaulhusna, iman kepada hari akhir, qadāʾ dan qadr. 

3.3. Akhlak 


Peserta didik memahami akhlak terhadap Allah Swt. dengan berdoa dan bertawakal kepadaNya, akhlak terhadap teman, tetangga, non muslim, hewan, dan tumbuhan.

Memahami akhlak terhadap Allah Swt. dengan berdoa dan bertawakal kepada-Nya, akhlak terhadap teman, tetangga, non muslim, hewan, dan tumbuhan. 

3.4. Fikih 


Peserta didik memahami puasa sunah, zakat, infak, sedekah, hadiah, makanan dan minuman yang halal dan haram.

Memahami puasa sunah, zakat, infak, sedekah, hadiah, makanan dan minuman yang halal dan haram. 

3.5. Sejarah Peradaban Islam 

Peserta didik memahami kisah Nabi Muhammad saw. periode Madinah dan khulafaurasyidin.

Memahami kisah Nabi Muhammad saw. periode Madinah dan khulafaurasyidin.


2. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA 

    a. Pendidikan Pancasila Fase A

Elemen

CP 2024

CP 2025

1.1. Pancasila

Peserta didik mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilainilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

Mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dan simbol Pancasila beserta sila-sila Pancasila; menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga.


1.2. Undang-

      Undang Dasar   

      Negara 

      Republik 

      Indonesia 

      Tahun 1945  

Peserta didik mengenal aturan di lingkungan keluarga; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga; dan menunjuk- kan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga

Mengenal aturan di lingkungan keluarga; 

menunjukkan dan menceritakan sikap 

mematuhi aturan di lingkungan keluarga

1.3. Bhinneka 

        Tunggal Ika 


Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.

Mengenal semboyan Bhinneka Tunggal Ika; mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan sekitar.

1.4. Negara 

        Kesatuan 

        Republik 

        Indonesia 


Peserta didik mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; mempraktikkan sikap dan perilaku menjaga lingkungan tempat tinggal dan sekolah; menceritakan bentuk kerja sama dalam keberagaman di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.  

Mengenal karakteristik lingkungan tempat tinggal dan sekolah, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menceritakan dan mempraktikkan bekerja sama menjaga lingkungan sekitar dalam keberagaman.

 

    b. Pendidikan Pancasila Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025 

2.1. Pancasila

Peserta didik menunjukkan makna sila-sila Pancasila, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; mengenal karakter para perumus Pancasila; menunjukkan sikap bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat

Mengidentifikasi makna sila-sila Pancasila, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari; mengenal karakter para perumus Pancasila; 

menunjukkan sikap bangga menjadi anak Indonesia yang memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan di lingkungan sekitar.

2.2. Undang-

      Undang Dasar 

      Negara 

      Republik 

      Indonesia 

      Tahun 1945  

Peserta didik mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal; mengidenti-fikasi dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah

Mengidentifikasi dan melaksanakan aturan di sekolah dan lingkungan tempat tinggal; mengidentifikasi dan menerapkan hak yang didapat dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan sebagai warga sekolah.

2.3. Bhinneka 

        Tunggal Ika 


Peserta didik membedakan dan menghargai identitas diri, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya, suku bangsa, bahasa, agama dan kepercaya-annya di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Membedakan dan menghargai identi tas, keluarga, dan teman-temannya sesuai budaya,  suku bangsa, bahasa, agama dan kepercayaannya di lingku ngan sekitar. 

2.4. Negara 

        Kesatuan 

        Republik 

        Indonesia 

Peserta didik mengidentifikasi lingku ngan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menun jukkan sikap kerja sama dalam berba gai bentuk keberagaman suku bang sa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingkungan tempat tinggal dan sekolah.

Mengidentifikasi lingkungan tempat tinggal (RT, RW, desa atau kelurahan, dan kecamatan) sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan perilaku 

bekerja sama dalam berbagai bentuk 

keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan di lingku-ngan sekitar. 


    c. Pendidikan Pancasila Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025 

3.1. Pancasila

Peserta didik memahami kronologi sejarah kelahiran Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghubungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh, menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan ideologi bangsa dan negara

Memahami kronologi sejarah kelahir an Pancasila; meneladani sikap para perumus Pancasila dan menerapkan di lingkungan masyarakat; menghu-bungkan sila-sila dalam Pancasila sebagai suatu kesatuan yang utuh; menguraikan makna nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara, dan pandangan hidup bangsa.

3.2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 

Peserta didik menyajikan hasil identi fikasi bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai anggota keluarga, warga sekolah, dan warga negara; mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari; melaksanakan praktik musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.

Mengimplementasikan bentuk-bentuk norma, hak, dan kewajiban dalam kedudukannya sebagai warga negara; mengenal Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945; mempraktikkan musyawarah untuk membuat kesepakatan dan aturan bersama, serta menerapkannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.

3.3. Bhinneka 

       Tunggal Ika 

 

Peserta didik menyajikan hasil identifikasi sikap menghormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

Menyajikan hasil identifikasi sikap meng-hormati, menjaga, dan melestarikan keberagaman budaya  sesuai semboyan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan sekitar.

3.4. Negara 

        Kesatuan 

        Republik 

        Indonesia 


Peserta didik mengenal wilayahnya dalam konteks kabupaten/kota, provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan perilaku gotong royong untuk menjaga persatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.  

Mengenal wilayahnya dalam konteks 

kabupaten/kota, dan provinsi sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; menunjukkan perilaku gotong royong untuk menjaga persatuan di lingkungan sekolah dan sekitar sebagai wujud bela negara.


3. CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA   

    a. Bahasa Indonesia Fase A

Elemen

CP 2024

CP 2025 

1.1. Menyimak

Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. 

Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu mema hami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkai tan dengan diri, keluarga, dan/atau lingku- ngan.

Memahami informasi dari teks non-sastra berbentuk teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar kan) berupa percakap- an yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan sekitar; dan memahami pesan teks sastra berbentuk teks aural.

  1. Membaca  

dan Memirsa

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. 

Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. 

Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa ten-tang diri dan lingkung an, narasi imajinatif, dan puisi anak. 

Peserta didik mampu memaknai kosa kata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Membaca kata-kata sederhana dengan fasih dari bacaan dan/ atau tayangan yang dipirsa tentang diri, keluarga, kesehat- an, dan/atau lingkungan sekitar; dan memahami isi bacaan dan/atau tayangan yang dipir sa tentang diri, keluarga, kesehat- an, dan/atau lingkungan sekitar.

1.3. Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 

Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. 

Peserta didik mampu menceritakan kemba li suatu isi informasi yang dibaca atau dide- ngar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibaca kan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

Merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, pendidik, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan tentang diri, keluarga, kesehat an, dan/atau lingkungan sekitar; mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar; dan menceritakan kembali isi berbagai tipe teks yang dibaca, dipirsa, atau didengar tentang diri, keluarga, kesehatan, dan/atau lingkungan sekitar. 

1.4. Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. 

Peserta didik mampu mengembang-kan tulisan tangan yang semakin baik. 

Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkung- andengan beberapa kalimat sederhana.

Menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital; mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik; dan menulis berbabagai tipe teks sederhana tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan sekitar dengan beberapa kalimat sederhana.


    b. Bahasa Indonesia Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025 

2.1. Menyimak

Peserta didik mampu memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan, informa si dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan inst- ruksi lisan yang berkaitan dengan halhal menarik di lingkungan sekitar. 

Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio

Memahami ide pokok suatu informasi dari teks nonsastra berbentuk teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengarkan ); dan memahami isi teks sastra berbentuk teks aural.

2.2. Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata baru dengan pola kombi-nasi huruf yang telah dikenali dengan fasih. 

Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa menge nai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. 

Peserta didik mampu memahami pesan dan informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam bentuk cetak atau elektronik. 

Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide pendukung pada teks informatif dan teks narasi.  

Membaca kata-kata baru dengan fasih dari bacaan dan/atau taya-ngan yang dipirsa; dan memaha mi ide pokok, ide pendukung, pesan, dan informasi dalam teks sastra dan nonsastra berbentuk cetak dan/atau elektronik.

2.3. Berbicara dan Mempresentasikan 


Peserta didik mampu berbicara dengan pilihan kata dan sikap tubuh /gestur yang santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. 

Peserta didik mampu terlibat secara aktif dalam suatu percakapan dan diskusi sesuai tata cara. 

Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar dari teks narasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar.

Menyajikan pendapat dengan pilihan kata dan sikap tubuh/ gestur yang sesuai, mengguna-kan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks; menang- gapi diskusi sesuai tata cara; dan menceritakan kembali isi dan/ atau informasi dari berbagai tipe teks yang dibaca, dipirsa, atau didengar.

2.4. Menulis

Peserta didik mampu menulis berbagai teks sederhana dengan rangkaian kalimat yang beragam dan informasi mengenai hal-hal menarik di lingkungan sekitar. Peserta didik mampu menggunakan kaidah sederhana kebahasaan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks. 

Peserta didik terampil menulis kalimat dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Menulis berbagai tipe teks seder hana dengan rangkaian kalimat yang beragam;  dan mengguna- kan kaidah kebahasaan dan kosa kata baru yang memiliki makna denotatif untuk menulis teks sesuai dengan konteks. 


    c. Bahasa Indonesia Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025 

3.1. Menyimak

Peserta didik mampu menganalisis informasi dengan mengidentifikasikan ciri objek, urutan proses kejadian dan nilainilai dari berbagai tipe teks nonfiksi dan fiksi yang disajikan dalam bentuk lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan audio

Menganalisis informasi dari teks nonsastra berbentuk teks aural (teks yang diba- cakan dan/atau didengarkan; dan  menganalisis isi teks sastra berbentuk teks aural.

3.2. Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombina si huruf dalam kata dengan fasih dan indah. 

Peserta didik mampu memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konotatif dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. 

Peserta didik mampu menganalisis informasi dari berbagai tipe teks serta nilainilai yang terkandung dalam teks sastra dari teks visual dan/atau audiovisual. 

Peserta didik mampu membaca hasil pengamatan.

Membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dari baca-an dan/atau tayangan yang dipirsa; dan menganalisis informasi serta nilai-nilai dalam teks sastra dan nonsas tra berwujud teks visual dan/atau audiovisual.

3.3. Berbicara dan Mempresenta mempresentasikan imajinasi secara kreatif. 

Peserta didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. 

Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konota- tif, dan kiasan. Peserta didik mampu memilih kata yang tepat sesuai dengan norma sosial budaya. 

Peserta didik mampu menyampaikan informa si dengan fasih dan santun. 

Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif. 

Peserta didik mampu mempresentasikan gagasan, hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif.

Mempresentasikan gagasan dari berbagai tipe teks  dengan efektif dan santun; dan menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk teks sastra dengan penggunaan kosakata secara kreatif.

3.4. Menulis 


Peserta didik mampu menulis berba gai teks sederhana berdasarkan gagasan, hasil penga-matan, pengala man, dan imajinasi. 

Peserta didik mampu menuliskan hasil penga- matan yang menjelaskan hubungan kausalitas (sebab akibat) untuk meyakinkan pembaca. 

Peserta didik mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai dengan konteks dan norma sosial budaya. 

Peserta didik mampu menggunakan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, konota-tif, dan kiasan. 

Peserta didik mampu menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk karya sastra dengan pengguna-an kosakata secara kreatif. 

Peserta didik terampil menulis teks dalam tulisan Latin dan tegak bersambung.

Menulis berbagai tipe teks sederhana berdasarkan gaga san, hasil  pengamatan, peng alaman, dan/atau imajinasi dengan rangkaian kalimat kompleks secara kreatif, menarik, dan/atau indah; dan menggunakan kaidah kebaha- saan dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif dan konotatif.





4. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

    a. Matematika Fase A

Elemen

CP 2024

CP 2025 

1.1. Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. 

Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. 

Peserta didik menunjukkan pema-   haman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks memba gi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat)

Menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100; membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan; melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20; dan menunjukkan pemahaman peca han sebagai bagian dari keseluruhan

an melalui konteks membagi sebuah 

benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

1.2. Aljabar

Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matema- tika "=" dalam suatu kalimat matema tika yang terkait dengan penjumlah- an dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:  

Peserta didik dapat mengenali, meni ru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara

Menunjukan pemahaman makna simbol  

matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjum lahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:  Murid dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).

1.3. Pengukuran

Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. 

Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.

Membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan memban-dingkan durasi waktu; mengukur dan mengestimasi panjang dan berat benda menggunakan satuan tidak baku.

1.4. Geometri 


Peserta didik dapat mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segibanyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola). 

Mereka dapat melakukan komposisi (penyusunan) dan dekomposisi (penguraian) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak ). Mereka juga dapat menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan belakang, bawah, atas).

Mengenal berbagai bangun datar (segitiga, segiempat, segi banyak, lingkaran) dan bangun ruang (balok, kubus, kerucut, dan bola); melakukan komposisi (penyusunan) dan dekompo- sisi (penguraian) suatu bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak); dan menentukan posisi benda terhadap benda lain (kanan, kiri, depan belakang, bawah, atas).

1.5. Analisis Data 

       dan Peluang

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, mem- bandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggu-nakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.  

Mengurutkan, menyortir,  mengelompok kan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggu nakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori


    b. Matematika Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025  

2.1. Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan uang menggunakan ribuan sebagai satuan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000. Mereka dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 menggunakan benda-benda konkret, gambar, dan simbol matematika. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor. 

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan pembilang satu dan antarpe cahan dengan penyebut yang sama. Mereka dapat mengenali pecahan senilai menggunakan gambar dan simbol matematika. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan desi-mal. Mereka dapat menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan, serta menghubungkan pecahan desimal perseratusan dengan konsep persen.

Memiliki pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000; membaca, menulis  membandingkan, dan mengurutkan bila ngan; menentukan dan menggunakan nilai tempat; melakukan komposisi dan dekomposisi  bilangan cacah sampai 10.000.  

Murid dapat melakukan dan menyelesai kan masalah operasi bilangan penjumlah an dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000; melakukan dan menyele saikan masalah operasi perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100 dengan bantuan benda konkret, gambar dan simbol; mengenal kelipatan dan faktor. 

Murid dapat melakukan perbandingan dan pengurutan pecahan dengan pembi lang satu dan antar pecahan dengan penyebut yang sama; mengenal dan dapat menerapkan pecahan senilai, memiliki intuisi pecahan dan desimal, 

serta dapat menentukan pecahan sebagai desimal dan persen.

2.2. Aljabar 

 

Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurang an pada bilangan cacah sampai 100. 

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan menge cil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100

Menemukan nilai yang tidak diketahui dalam kalimat matematika yang melibat kan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100, dengan menggunakan sifat-sifat bilangan dan operasinya. 

Murid dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola gambar atau objek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang dapat melibatkan penjumlahan dan pengura-ngan pada bilangan cacah sampai 100.

2.3. Pengukuran

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda mengguna- kan satuan baku. Mereka dapat menentukan hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m). Mereka dapat mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah

Mengukur panjang dan berat benda 

menggunakan satuan baku; menentukan 

hubungan antar-satuan baku panjang (cm, m) dan antar-satuan berat (g, kg); serta mengukur dan mengestimasi luas dan volume menggunakan satuan tidak baku dan satuan baku berupa bilangan cacah.

2.4. Geometri 


Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segi banyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berba-gai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan 

Mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segi banyak); menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan. 

2.5. Analisis Data 

        dan Peluang

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).  

Mengurutkan, membandingkan, menyaji kan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gam-bar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).


    c. Matematika Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025     



3.1. Bilangan

Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000. Mereka juga dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, mela-kukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan, serta melaku kan operasi perkalian dan pembagi- an pecahan dengan bilangan asli. Mereka dapat mengubah pecahan menjadi desimal, serta membanding- kan dan mengurutkan bilangan desi- mal (satu angka di belakang koma).

Menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 1.000.000; membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, 

melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan; menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan uang; melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan cacah sampai 100.000; serta menyelesai-

kan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB. 

Murid dapat membandingkan dan mengurutkan berbagai pecahan termasuk pecahan campuran, 

melakukan operasi penjumlahan dan 

pengurangan pecahan, serta melakukan operasi perkalian dan pembagian pecahan dengan bilangan asli; mengu bah pecahan menjadi berbagai bentuk pecahan lain, serta membandingkan dan mengurutkan bilangan desimal (satu angka di belakang koma).



3.2. Aljabar


Peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000. 

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan perkalian dan pem-bagian. Mereka dapat bernalar seca-ra proporsional untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan rasio satuan. Mereka dapat menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari -hari yang terkait dengan proporsi.

Menemukan nilai yang belum diketahui dalam kalimat matematika yang melibat kan penjumlahan, pengurangan, perkali an, dan pembagian pada bilangan cacah sampai 1000 dengan menggunakan sifat-sifat bilangan dan operasinya. 

Murid dapat mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibat kan perkalian dan pembagian; bernalar secara proporsional untuk menyelesai kan masalah sehari-hari dengan rasio 

satuan; menggunakan operasi perkalian dan pembagian dalam menyelesaikan masalah sehari- hari yang terkait dengan proporsi.


3.3. Pengukuran

Peserta didik dapat menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak) serta gabungannya. Mereka dapat menghitung durasi waktu dan mengukur besar sudut.

Menentukan keliling dan luas berbagai bentuk bangun datar (segitiga, segi empat, dan segi banyak) serta gabungannya; menghitung durasi 

waktu dan mengukur besar sudut pada bangun datar atau yang dibentuk dari dua garis berpotongan.


3.4. Geometri 

Peserta didik dapat mengonstruksi dan mengurai bangun ruang (kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping). Mereka dapat membandingkan karakteristik antarbangun datar dan antarbangun ruang. Mereka dapat menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak. 

Mengkonstruksi dan mengurai bangun ruang (kubus, balok, dan gabungannya) dan mengenali visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping); membanding kan karakteristik antar bangun datar dan antar bangun ruang; serta menentukan lokasi pada peta yang menggunakan sistem berpetak.


3.5. Analisis Data 

       dan Peluang

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapat-kan informasi. Mereka dapat menen-tukan kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar dalam suatu perco-baan acak.

Mengurutkan, membandingkan, menyaji kan, dan menganalisis data banyak benda dan data hasil pengukuran dalam bentuk gambar, piktogram, diagram batang, dan tabel frekuensi untuk mendapatkan informasi; menentukan 

kejadian dengan kemungkinan yang lebih besar atau lebih kecil dalam suatu percobaan acak.


5. CAPAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS 

    a. Bahasa Inggris Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025

1.1. Menyimak - Berbicara (Listening - Speaking)

Peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berinteraksi dalam lingkup situasi sosial dan kelas, yang dapat diprediksi (rutin) mengguna- kan kalimat dengan pola yang sesuai dengan konteks yang dibicarakan. 

Peserta didik mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam rutinitas kelas dan aktivitas belajar. 

Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual, serta menggunakan kosakata sederhana. 

Peserta didik mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar dengan bantuan visual.  (Students use English to interact in a range of predictable social and classroom situations using certain patterns of sentences. They change/substitute some sentence elements to participate in classroom routines and learning activities. They comprehend key points of information in visually supported oral presentations containing familiar vocabulary. Using visual cues, they follow a series of simple instructions related to classroom procedures and learning activities.)

Memahami dan merespon teks lisan atau teks multimodal sederhana tentang kehidupan sehari-hari baik secara verbal atau non-verbal sesuai konteks. (understand and respond to simple oral or multimodal texts about everyday life verbally or non-verbally in line with its context)

  1. Membaca -  

Memirsa (Reading - Viewing) 


Peserta didik memahami katakata yang sering digunakan sehari-hari dengan bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik membaca/memirsa dan memberikan respons secara lisan dan komunikasi non-verbal terhadap teks pendek sederhana dan familiar dalam moda tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif.  (Students understand everyday vocabulary with support from pictures/illustration. They read/view and respond to a range of short, simple, familiar texts in the form of print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts orally and using nonverbal communication.)

Memahami teks tulis pendek sederhana atau teks multimodal tentang kehidupan sehari-hari dan meresponsnya secara verbal atau non-verbal sesuai konteks. (Understand simple short texts or multimodal texts about everyday life and respond to them verbally or non-verbally in line with its context).

1.3. Menulis - Mempresentasikan (Writing - Presenting)

Peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui gambar dan salinan tulisan. Dengan bantuan guru, peserta didik menghasilkan beberapa teks sederhana menggunakan kata/frasa sederhana dan gambar.                          Peserta didik menulis kosakata sederhana yang berkaitan dengan lingkungan kelas dan rumah dalam bahasa Inggris menggunakan ejaan rekaan (invented spelling).  (Students communicate their ideas and experience through drawings and copied writing. With teachers’ support, they produce simple text using simple words/phrases and pictures. They write simple vocabulary related to their class and home environments using invented spelling.)

Mengomunikasikan gagasan tentang topik sehari-hari dalam teks tulis pen- dek atau teks multimodal sesuai kon- teks. (Communicate their ideas on ever yday life topics in simple written or mul timodal texts in line with its context).


    b. Bahasa Inggris Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025 

2.1. Menyimak - Berbicara (Listening - Writing)


dalam bahasa Inggris untuk berinteraksi pada lingkup situasi sosial dan kelas yang makin luas, serta masih dapat diprediksi atau bersifat rutin. Peserta didik mengubah/mengganti sebagian elemen kalimat untuk dapat berpartisipasi dalam aktivitas belajar. Peserta didik mengidentifikasi informasi penting/inti teks lisan dalam berbagai konteks dan strategi (meminta pembicara untuk mengulangi, berbicara dengan lebih pelan dan/atau menanyakan arti sebuah kata). Peserta didik mengikuti rangkaian instruksi sederhana yang berkaitan dengan prosedur kelas dan aktivitas belajar. (Students use English to interact in a range of predictable social and classroom situations using certain patterns of sentences. They change/substitute some elements of sentences to participate in learning activities. They identify key information from oral texts in various contexts using some strategies (asking a speaker to repeat, to speak slowly and/or asking what a word means). They follow a series of simple instructions related to classroom procedures and learning activities.)

Memahami alur informasi teks secara 

keseluruhan dan merespon teks lisan atau teks multimodal sederhana tentang topik sehari-hari secara lisan dengan kalimat pendek dan sederhana sesuai konteks. (Understand the entire flow of information  and respond to simple oral or multimodal texts about everyday topics using short and simple sentences verbally in line with its context)



2.2. Membaca - Memirsa (Reading - Viewing)


Peserta didik memahami katakata yang sering digunakan sehari-hari dan memahami katakata baru dengan bantuan gambar/ilustrasi serta kalimat dalam konteks yang dipahami peserta didik. Peserta didik membaca/memirsa dan memberikan respons terhadap beragam teks pendek, sederhana dan familiar dalam bentuk tulisan atau digital, termasuk teks visual, multimodal atau interaktif. Peserta didik menemukan informasi pada sebuah kalimat dan menjelaskan topik sebuah teks yang dibaca atau diamatinya. (Students understand familiar and new vocabulary with support from visual cues or context clues. They read/view and respond to a wide range of short, simple, familiar texts in the form of print or digital texts, including visual, multimodal, or interactive texts. They find basic information in a sentence and explain a topic in a text read or viewed.

Memahami alur informasi secara keseluruhan, gagasan utama dan informasi rinci dari beragam 

teks pendek atau teks multimodal tentang topik sehari-hari dan meresponnya sesuai konteks. (Understand the entire flow of information, main ideas and details from a variety of short texts or multimodal texts about everyday topics and respond in line with its context) 


2.3. Menulis - Mempresentasikan (Writing - Presenting)

Peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalamannya melalui salinan tulisan dan tulisan seder-hana mereka sendiri, serta menun-jukkan perkembangan pemahaman terhadap proses menulis. 

Peserta didik menunjukkan pemahaman awal bahwa teks dalam bahasa Inggris ditulis dengan kaidah (konvensi) yang disesuaikan dengan konteks dan tujuannya. Dengan bantuan guru, peserta didik menghasilkan berbagai jenis teks sederhana menggunakan kalimat dengan pola tertentu dan contoh pada tingkatan kata dan kalimat sederhana. 

Peserta didik menunjukkan pema-haman terhadap beberapa hubung an bunyi-huruf dalam bahasa Inggris dan ejaan dari kata-kata yang umum digunakan. Dalam menulis, peserta didik menggunakan kosa- kata yang berkaitan dengan lingku-ngan kelas dan rumah dengan menggunakan beberapa strategi (menyalin kata atau frasa dari buku atau daftar kata, menggunakan gambar dan/atau bertanya bagaimana cara menuliskan sebuah kata.  (Students communicate their ideas and experience through copied writing and their own basic writing, showing evidence of a developing understanding of the writing process. They demonstrate an early awareness that written texts in English are presented through conventions, which change according to context and purpose. With teachers’ support, they produce a range of simple texts, using certain patterns of sentences and modeled examples at word and simple sentence level. They demonstrate knowledge of some English letter-sound relationships and the spelling of high-frequency words. In their writing, they use vocabulary related to their class and home environments, using basic strategies (copying words or phrases from books or word lists, using images and/or asking how to write a word.)

Mengomunikasikan ide dan pengala-mannya melalui berbagai jenis teks tulis sederhana atau teks multimodal ten-tang topik sehari-hari sesuai konteks.  (Communicate their ideas and experiences through various types of simple written texts or multimodal texts about everyday topics in line with its context) 


6. CAPAIAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

    a. Ilmu Pengetahuan Alam dan IPS (IPAS) Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025



1.1. Pemahaman IPAS

Peserta didik memahami bentuk dan fungsi pancaindra; siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestari- annya; masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubah an iklim; proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi; sumber dan bentuk energi serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari; gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari, jenis gaya dan pengaruh nya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; peran, tugas, dan tanggung jawab serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenal letak kota/ kabupaten dan provinsi tempat tinggalnya melalui peta konvensional /digital; ragam bentang alam serta keterkaitannya dengan profesi masyarakat; keanekaragaman hayati, keragaman budaya, kearifan lokal, sejarah keluarga dan masyara-kat tempat tinggalnya, dan upaya pelestariannya; serta perbedaan kebutuhan dan keinginan, nilai mata uang dan fungsinya.

Menjelaskan bentuk dan fungsi panca-indra; menganalisis siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya; menghasilkan solusi untuk masalah yang berkaitan dengan pelestarian sumber daya alam sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menyimpulkan proses 

perubahan wujud zat; menjelaskan sumber dan bentuk energi, serta proses perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari; membedakan jenis gaya dan pengaruhnya terhadap arah, gerak, dan bentuk benda; menje-

laskan peran, tugas, dan tanggung jawab 

serta interaksi sosial yang terjadi di sekitar tempat tinggal dan sekolah; mengenali letak kabupaten/kota dan provinsi tempat tinggalnya dengan menggunakan peta konvensional/digital; 

mengklasifikasikan ragam bentang alam dan keterkaitannya dengan profesi masyarakat, ragam budaya serta upaya untuk melestarikannya; menganalisis sejarah masyarakat di lingkungan tempat tinggal; menjelaskan nilai mata uang dan fungsinya, serta cara mengelola keuangan secara bijak



1.2. Keterampilan Proses

● Mengamati Di akhir fase ini, 

  peserta didik mengamati fenomena

  fenomena dan peristiwa secara 

  sederhana dan dapat mencatat 

  hasil pengamatannya.                  


● Mempertanyakan dan Mempredik 

   si Secara mandiri, peserta didik 

   mengajukan pertanyaan tentang    

   hal-hal yang ingin diketahui saat 

   melakukan pengamatan dan 

   membuat prediksi berdasarkan 

   pengetahuan yang dimiliki 

   sebelumnya.                                                    ● Merencanakan dan Melakukan  

    Penyelidikan 

    Dengan panduan guru, peserta   

    didik membuat rencana dan 

    melakukan langkah-langkah 

    operasional untuk menjawab 

    pertanyaan yang diajukan.     

    Peserta didik melakukan observasi 

    menggunakan alat bantu 

    pengukuran sederhana.                                ● Memproses, Menganalisis Data 

    dan Informasi 

    Dengan panduan guru, peserta   

    didik mengorganisasikan data 

    dalam bentuk turus dan diagram 

    gambar untuk menyajikan dan 

    mengidentifikasi pola. Peserta di- 

    dik membandingkan antara hasil 

    pengamatan dengan prediksi dan   

    memberikan penjelasan.                              ● Mengevaluasi dan Refleksi  

    Peserta didik melakukan refleksi 

    terhadap penyelidikan yang sudah 

    dilakukan. 

● Mengomunikasikan Hasil Peserta 

    didik mengomunikasikan hasil 

    penyelidikan secara lisan dan 

    tertulis dalam berbagai media

Mampu menerapkan keterampilan proses yang meliputi:                                               ● Mengamati 

    Murid mengamati fenomena dan   

    peristiwa secara sederhana dan dapat 

    mencatat hasil pengamatannya.                                                     ● Mempertanyakan dan Memprediksi 

    Secara mandiri, murid mengajukan 

  pertanyaan tentang hal-hal yang ingin 

  diketahui saat melakukan pengamatan    

  dan membuat prediksi berdasarkan 

  pengetahuan yang dimiliki sebelumnya.  



● Merencanakan dan Melakukan 

   Penyelidikan 

   Dengan panduan pendidik, murid    

   membuat rencana dan melakukan   

   langkah-langkah operasional untuk  

   menjawab pertanyaan yang diajukan. 

  Murid melakukan observasi mengguna-

   kan alat bantu pengukuran sederhana.                                                      



● Memproses, Menganalisis Data dan 

    Informasi 

    Dengan panduan pendidik, murid 

    mengorganisasikan data dalam bentuk 

    turus dan diagram gambar untuk 

    menyajikan dan mengidentifikasi pola. 

    Murid membandingkan antara hasil 

    pengamatan dengan prediksi dan 

    memberikan penjelasan. 


● Mengevaluasi dan Refleksi 

    Murid melakukan refleksi terhadap 

    penyelidikan yang sudah dilakukan. 


● Mengomunikasikan Hasil 

    Murid mengomunikasikan hasil 

    penyelidikan secara lisan dan tertulis   

    dalam berbagai media.  


    b. Ilmu Pengetahuan Alam dan IPS (IPAS) Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025

2.1. Pemahaman IPAS

Peserta didik memahami sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; hubungan antar kompo- nen biotik dan abiotik serta penga- ruhnya terhadap ekosistem; siklus air dan kaitannya dengan upaya menjaga ketersediaan air; fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; upaya penghe matan energi serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; sistem tata surya dan kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; letak dan kondisi geografis negara Indonesia melalui peta konvensional /digital; sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; keragaman budaya nasional yang dikaitkan dengan konteks kebinekaan berdasarkan pemahamannya terhadap nilainilai kearifan lokal yang berlaku di wilayahnya; serta kegiatan ekonomi masyarakat dan ekonomi kreatif di lingkungan sekitar

Merefleksikan sistem organ tubuh manusia yang dikaitkan dengan cara menjaga kesehatan tubuhnya; mengana-lisis hubungan antar komponen biotik dan abiotik, serta pengaruhnya terhadap ekosistem; menjelaskan fenomena gelombang bunyi dan cahaya dalam kehidupan sehari-hari; menghasilkan upaya penghematan energi, serta pemanfaatan sumber energi alternatif dari sumber daya yang ada di sekitarnya sebagai upaya mitigasi perubahan iklim; menjelaskan sistem tata surya, serta 

kaitannya dengan rotasi dan revolusi bumi; menjelaskan letak dan kondisi geografis negara Indonesia dengan menggunakan peta konvensional/digital; meninjau sejarah perjuangan para pahlawan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya; menemukan keragaman budaya nasional dalam konteks kebhine kaan berdasarkan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tempat tinggal; serta menerap-kan kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan sekitar.

2.2. Keterampilan Proses

● Mengamati Peserta didik menga-

    mati fenomena dan peristiwa 

    secara sederhana, mencatat hasil 

    pengamatannya, serta mencari 

    persamaan dan perbedaannya.   



● Mempertanyakan dan                 

   Memprediksi 

   Dengan panduan, peserta didik 

   mengidentifikasi pertanyaan yang 

   dapat diselidiki secara ilmiah dan 

   membuat prediksinya.                                                    ● Merencanakan dan Melakukan 

    Penyelidikan 

    Secara mandiri, peserta didik

    merencanakan dan melakukan

    langkah-langkah operasional untuk

    menjawab pertanyaan yang   

    diajukan. Peserta didik melakukan 

    observasi menggunakan alat bantu 

    pengukuran sederhana.                             ● Memproses serta Menganalisis 

    Data dan Informasi 

    Peserta didik mengolah data   

    dalam bentuk tabel dan grafik 

    serta menjelaskan hasil 

    pengamatan dan pola atau 

    hubungan pada data. Peserta didik 

    membandingkan data dengan 

    prediksi dan memberikan alasan 

    berdasarkan bukti.                                    ● Mengevaluasi dan Refleksi    

    Melakukan refleksi dan   

    memberikan saran perbaikan    

    terhadap penyelidikan yang sudah  

    dilakukan.                                                        ● Mengomunikasikan Hasil              

    Peserta didik mengomunikasikan 

    hasil penyelidikan secara utuh 

    yang ditunjang dengan argumen 

    dalam berbagai media.

Mampu menerapkan keterampilan proses yang meliputi: 

● Mengamati 

    Murid mengamati fenomena dan   

    peristiwa secara sederhana, mencatat 

    hasil pengamatannya, serta mencari 

    persamaan dan perbedaannya. 

● Mempertanyakan dan Memprediksi 

    Dengan panduan pendidik, murid 

    mengidentifikasi pertanyaan yang  

    dapat diselidiki secara ilmiah dan 

    membuat prediksinya. 


● Merencanakan dan Melakukan 

    Penyelidikan 

    Secara mandiri, murid merencanakan 

    dan melakukan langkah-langkah 

    operasional untuk menjawab   

    pertanyaan yang diajukan. Murid 

    melakukan observasi menggunakan 

    alat bantu pengukuran sederhana. 


● Memproses serta Menganalisis Data 

    dan Informasi 

    Murid mengolah data dalam bentuk  

    tabel dan grafik, serta menjelaskan     

    hasil  pengamatan dan pola atau   

    hubungan pada data. Murid 

    membandingkan data dengan prediksi  

    dan memberikan alasan berdasarkan 

    bukti. 


● Mengevaluasi dan Refleksi 

    Melakukan refleksi dan memberikan   

    saran perbaikan terhadap penyelidik- 

    an yang sudah dilakukan. 


● Mengomunikasikan Hasil 

    Murid mengomunikasikan hasil 

    penyelidikan secara utuh yang 

    ditunjang dengan argumen dalam 

    berbagai media.


7. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI MUSIK

    a. Seni Musik Fase A

Elemen

CP 2024

CP 2025

  1. Mengalami 

(Experiencing) 

Peserta didik mengidentifikasi dan merespon unsur-unsur bunyi musik nada dan irama baik yang mengguna kan anggota tubuh maupun yang menggunakan alat musik ritmis dan melodis

Mengenali unsur-unsur musik (nada dan irama) menggunakan anggota tubuh maupun alat musik.

1.2. Merefleksikan 

        (Reflecting) 

Peserta didik memberikan tanggap- an atau umpan balik mengenai praktik bermusik dirinya atau orang lain dengan menggunakan bahasa sehari-hari.

Melakukan umpan balik mengenai praktik bermain musik diri sendiri atau orang lain menggunakan bahasa sehari-hari. 

1.3. Berpikir dan 

     Bekerja Artistik  

     (Thinking and    

     Working 

     Artistically) 


Peserta didik mengimitasi pola irama dan bunyi dasar ragam alat musik ritmis atau melodis. Peserta didik mengidentifikasi ragam alat musik dan bunyi yang dihasilkannya. Peserta didik mengetahui cara memainkan dan membersihkan instrumen musik yang digunakannya.

Menirukan pola irama dan nada menggunakan alat musik ritmis atau melodis; mengenali ragam alat musik

dan bunyi yang dihasilkan; mengenali cara memainkan dan membersihkan instrumen/alat musik.

1.4. Menciptakan 

        (Creating)  


Peserta didik memproduksi bunyi dan mengimitasi pola irama menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis yang tersedia di lingkungan sekitar

Membuat pola irama menggunakan anggoa tubuh atau alat musik ritmis yang tersedia di lingkungan sekitar.

1.5. Berdampak 

        (Impacting) 

Peserta didik menjalankan praktik bermusik yang memberikan dampak positif bagi dirinya.

Menunjukkan ekspresi senang dalam kegiatan bermusik.


  b. Seni Musik Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025

2.1. Mengalami 

      (Experiencing) 

Peserta didik mengidentifikasi dan mengimitasi pola bunyi, nada, dan irama baik yang menggunakan anggo ta tubuh maupun yang mengguna-kan alat musik ritmis dan melodis.

Mengenali nada dan pola  irama menggunakan anggota tubuh maupun alat musik.

2.2. Merefleksikan 

        (Reflecting) 


Peserta didik  memberikan tanggap an atau umpan balik mengenai praktik bermusik dirinya atau orang lain dengan menggunakan istilah musik yang telah dipelajari.

Melakukan umpan balik mengenai praktik bermusik diri sendiri atau orang lain menggunakan istilah musik.

2.3. Berpikir dan 

    Bekerja Artistik 

    (Thinking and 

    Working 

    Artistically) 

Peserta didik mengidentifikasi dan mengimitasi pola irama, tempo, dan bunyi dasar ragam alat musik 

ritmis atau melodis. Peserta didik mengidentifikasi karakteristik ragam alat musik dan bunyi yang dihasilkan nya. Peserta didik mengetahui cara memainkan dan merawat instrumen musik yang digunakannya.

Menirukan  pola irama dan melodi menggunakan alat musik ritmis atau melodis; menyebutkan karakteristik ragam alat musik dan bunyi yang dihasilkan; mengetahui cara memainkan dan merawat alat musik.  


2.4. Menciptakan 

        (Creating) 

Peserta didik memproduksi bunyi, mengimitasi pola irama, dan mengembangkan pola irama menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis yang tersedia di lingkungan sekitar.

Membuat bunyi menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis yang tersedia di lingkungan sekitar.

2.5. Berdampak 

        (Impacting) 

Peserta didik menjalankan praktik bermusik yang memberikan dampak positif bagi dirinya dan lingkungan terkecilnya.

Menunjukkan minat dalam kegiatan bermusik. 


  c. Seni Musik Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025 

3.1. Mengalami 

     (Experiencing) 

Peserta didik menggunakan dan mengembangkan unsur-unsur bunyi musik berupa nada, irama, dan melodi. Peserta didik menunjukkan tingkat kepekaan akan unsur-unsur bunyi musik baik intrinsik maupun ekstrinsik dengan memadukan alat musik ritmis dan melodis.

Mengenali dan menerapkan unsur-unsur musik (nada, irama dan melodi) menggunakan alat musik ritmis dan 

melodis serta menunjukkan tingkat kepekaan akan unsur-unsur musik dengan menggunakan alat musik 

ritmis dan melodis. 

3.2. Merefleksikan 

         (Reflecting) 


Peserta didik memberikan umpan balik mengenai karya dan kemampu an bermusik dirinya atau orang lain dengan menggunakan istilah musik yang tepat.

Melakukan umpan balik mengenai karya dan kemampuan bermusik diri sendiri atau orang lain menggunakan istilah musik yang tepat. 


3.3. Berpikir dan Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) 

Peserta didik mengeksplorasi variasi pola irama, tempo, dan bunyi dasar ragam alat musik ritmis atau melodis menggunakan notasi musik dan teknik dasar yang telah dipelajari. Peserta didik menemukan alternatif untuk menghasilkan bunyi musik sederhana melalui berbagai anggota tubuh dan eksplorasi material yang tersedia di lingkungan sekitar.

Mengeksplorasi variasi pola irama, tempo dan melodi dengan alat musik ritmis dan melodis  menggunakan notasi musik dan teknik dasar yang telah dipelajari; menemukan alternatif untuk menghasilkan bunyi musik sederhana melalui eksplorasi material yang tersedia di lingkungan sekitar dan menerapkan cara memainkan dan merawat alat musik dengan teknik yang tepat sesuai dengan spesifikasi bahan alat musik. 

3.4. Menciptakan 

        (Creating) 

Peserta didik memproduksi bunyi, mengembangkan, atau menggubah pola irama menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis dan melodis yang tersedia di lingkungan sekitar dan/atau berdasarkan nilai kearifan lokal daerahnya.

Membuat dan  mengembangkan  pola irama menggunakan anggota tubuh atau alat musik ritmis yang tersedia berdasar kan nilai kearifan lokal daerahnya.  

3.5. Berdampak 

        (Impacting) 

Peserta didik menjalankan praktik bermusik yang memberikan dampak positif bagi dirinya dan lingkungan sekitar.

Menunjukkan minat dan rasa ingin tahu dalam kegiatan bermusik.


8. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI RUPA 

    a. Seni Rupa Fase A 

Elemen

CP 2024

CP 2025 

  1. Mengalami 

(Experiencing) 

Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Mengenali dan menyebutkan unsur-unsur rupa dalam benda-benda di sekitar/karya seni rupa.

  1. Merefleksikan 

(Reflecting)  

Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata sehari-hari.

Merefleksikan dan mengapresiasi karya diri sendiri. 

  1. Berpikir dan 

Bekerja Artistik (Thinking and Working Artistically) 

Peserta didik menggunakan pengalaman visualnya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar.

Mengenali dan menguji coba alat dan/ atau bahan yang dimiliki. 

1.4. Menciptakan (Making/Creating) 


Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamat- annya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Membuat karya seni rupa berdasarkan 

pengalaman dan hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar. 

  1. Berdampak 

(Impacting) 


Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya.

Menghasilkan karya seni rupa yang berdampak pada perasaan dirinya.


    b. Seni Rupa Fase B 

Elemen

CP 2024

CP 2025 

2.1. Mengalami 

       (Experiencing) 

Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu menyimpulkan hasil pengamatan dan pemahaman dua atau lebih unsur rupa dan satu prinsip desain

Mengidentifikasi unsur rupa dan prinsip desain dalam benda-benda di sekitar/ karya seni rupa.

2.2. Merefleksikan 

        (Reflecting) 


Peserta didik menilai karya dan penciptaan karya seni rupa dengan menggunakan kosa kata seni rupa yang telah dipelajari

Merefleksikan dan mengapresiasi karya diri sendiri dan teman sekelas menggu- nakan kosakata seni rupa yang sesuai.

2.3. Berpikir dan 

     Bekerja Artistik   

     (Thinking and 

     Working 

     Artistically) 


Peserta didik menerapkan pengala- mannya sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu mengenali karakteristik khusus suatu alat dan bahan dasar yang tersedia di lingkungan sekitar, kemudian secara mandiri mengguna kan alat dan bahan tersebut

Mengenali dan menguji coba alat dan/ atau bahan yang dimiliki serta prosedur 

penggunaannya.

2.4. Menciptakan (Making/Creating) 


Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan unsur garis, warna, bentuk dan bangun. Peserta didik menerapkan prinsip keseimbangan dalam menyusun unsur-unsur rupa yang digunakan.

Membuat karya seni rupa berdasarkan 

pengalaman dan hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar.

2.5. Berdampak 

        (Impacting) 

Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi dirinya dan lingkungan terkecilnya.

Menghasilkan karya seni rupa yang berdampak pada perasaan atau mewakili harapannya.


    c. Seni Rupa Fase C 

Elemen

CP 2024

CP 2025 

3.1. Mengalami 

       (Experiencing)

Peserta didik memahami unsur rupa dan prinsip desain di lingkungan sekitarnya. Peserta didik menyimpul kan hasil pengamatan dan pemaham an pada perpaduan unsur dalam prinsip desain

Menjelaskan unsur rupa dan prinsip desain dalam benda-benda di sekitar/ karya seni rupa. 

3.2. Merefleksikan 

         (Reflecting) 

Peserta didik mempresentasikan penilaian karya dan penciptaan karya seni rupa dengan mengguna-kan kosa kata seni

Merefleksikan dan mengapresiasi karya diri sendiri dan teman sekelas menggu- nakan kosakata seni rupa yang sesuai.

3.3. Berpikir dan 

    Bekerja Artistik 

    (Thinking and 

    Working 

    Artistically) 

Peserta didik mampu menggunakan pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan yang diperoleh dalam mata pelajaran Seni Rupa atau mata pelajaran lain sebagai sumber gagasan dalam berkarya. Peserta didik mampu secara mandiri menggunakan variasi teknik dasar berkarya rupa.

Mengenali dan menguji coba variasi teknik penggunaan alat dan/atau bahan. 


3.4. Menciptakan (Making/Creating) 


Peserta didik mampu membuat karya rupa berdasarkan gagasannya sendiri atau mengambil inspirasi dari luar dirinya dengan menggunakan dan menggabungkan unsur garis, warna, tekstur, bentuk, dan bangun. Peserta didik mampu menggunakan perspektif dalam membuat karya 2 dimensi.

Membuat karya seni rupa berdasarkan 

pengalaman dan/atau hasil pengamatan 

terhadap lingkungan sekitar melalui 

pengembangan imajinasi. 

3.5. Berdampak 

        (Impacting) 

Peserta didik mampu memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari, keadaan lingkungan sekitar, dan perasaan atau emosinya melalui karya seni rupa yang memberi dampak positif bagi diri dan lingkungan terkecilnya.

Menghasilkan karya seni rupa yang mewakili minatnya.


9. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI TARI 

    a. Seni Tari Fase A 

Elemen

CP 2024

CP 2025 

  1. Mengalami 

(Experiencing) 

Peserta didik mengamati bentuk tari sebagai media komunikasi serta mengembangkan kesadaran diri dalam mengeksplorasi unsur utama tari meliputi gerak, ruang, tenaga, waktu, gerak di tempat dan gerak berpindah.

Mengenal bentuk tari sebagai media komunikasi serta mengembangkan kesadaran diri dalam bereksplorasi unsur utama tari meliputi gerak, ruang, tenaga, waktu, gerak di tempat dan gerak berpindah. 


1.2. Merefleksikan       

         (Reflecting)

Peserta didik mengenal dan menilai dengan mengidentifikasi unsur utama tari meliputi gerak, ruang, tenaga, waktu, gerak di tempat dan gerak berpindah, serta mengemuka- kan pencapaian diri secara lisan, tulisan, dan kinestetik.

Mengidentifikasi unsur utama tari meliputi gerak, ruang, tenaga, waktu, gerak di tempat dan gerak berpindah, serta mengemukakan pencapaian diri secara lisan, tulisan, dan kinestetik.

                          

1.3. Berpikir dan 

      Bekerja Artistik 

      (Thinking and 

      Working 

      Artistically)

Peserta didik meragakan hasil gerak berdasarkan norma/perilaku yang sesuai dalam menari dengan keyakin an dan percaya diri saat mengekspre sikan ide, perasaan kepada penon- ton atau lingkungan sekitar.

Meragakan hasil gerak berdasarkan etika sebagai penampil dan penonton dengan keyakinan dan percaya diri saat mengekspresikan ide, perasaan kepada penonton atau lingkungan sekitar.

                   

1.4 Menciptakan 

(Creating) 

Peserta didik mengembangkan unsur utama tari (gerak, ruang, waktu, dan tenaga), gerak di tempat, dan gerak berpindah untuk membuat gerak sederhana yang memiliki kesatuan gerak yang indah.

Mengembangkan unsur utama tari (gerak, ruang, waktu, dan tenaga), gerak di tempat, dan  gerak berpindah untuk membuat gerak sederhana yang memiliki kesatuan gerak yang indah.                         

  1. Berdampak 

(Impacting) 


Peserta didik menerima proses pembelajaran sehingga tumbuh rasa ingin tahu dan dapat menunjukkan antusiasme yang berdampak pada kemampuan diri dalam menyelesai-kan aktivitas pembelajaran tari.

Menerima proses pembelajaran sehingga tumbuh rasa ingin tahu dan dapat menunjukkan antusiasme yang berdampak pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari. 

    

b. Seni Tari Fase B 

Elemen

CP 2024

CP 2025 

2.1. Mengalami 

     (Experiencing) 

Peserta didik mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar bela kang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level gerak, peruba han arah hadap, dan desain lantai

Mengamati bentuk penyajian tari berdasarkan latar belakang serta mengeksplorasi unsur utama tari sesuai level gerak, dan perubahan arah hadap. 


2.2. Merefleksikan 

         (Reflecting)

Peserta didik mengenal dan mengi-dentifikasi unsur utama tari sesuai level gerak, perubahan arah hadap, dan desain lantai, serta menilai pencapaian diri saat melakukan aktivitas pembelajaran tari.

Mengidentifikasi unsur utama tari sesuai level gerak, dan perubahan arah hadap, serta menilai pencapaian diri saat melakukan aktivitas pembelajaran tari. 

2.3. Berpikir dan 

    Bekerja Artistik 

    (Thinking and 

    Working 

    Artistically)

Peserta didik meragakan hasil tari kelompok dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembangkan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama.

Meragakan hasil tari dengan bekerja secara kooperatif untuk mengembang-kan kemampuan bekerja sama dan saling menghargai demi tercapainya tujuan bersama. 


2.4. Menciptakan 

        (Creating) 

Peserta didik mengembangkan gerak dengan unsur utama tari, level, perubahan arah hadap.

Mengembangkan gerak dengan unsur utama tari, level, dan perubahan arah hadap. 

2.5. Berdampak 

        (Impacting) 


Peserta didik menerima proses pem-belajaran sehingga tumbuh rasa ingin tahu dan dapat menunjukkan usaha yang berdampak pada kemam puan diri dalam menyelesaikan aktivi tas pembelajaran tari.

Menerima proses pembelajaran sehingga tumbuh rasa ingin tahu dan dapat menunjukkan usaha yang berdampak pada kemampuan diri dalam menyelesaikan aktivitas pembelajaran tari. 


    c. Seni Tari Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025

3.1. Mengalami 

     (Experiencing)

Peserta didik mengamati berbagai bentuk tari tradisi yang dapat digunakan untuk mengekspresikan diri melalui unsur pendukung tari.

Mengamati berbagai bentuk tari tradisi yang dapat digunakan untuk mengeks-presikan diri melalui unsur pendukung tari. 

3.2. Merefleksikan 

        (Reflecting)

Peserta didik menilai dengan mengi-dentifikasi dan mengklasifikasi unsur pendukung tari dalam tari tradisi serta menghargai hasil pencapaian karya tari dengan mempertimbang- kan pendapat orang lain.

Mengidentifikasi unsur pendukung tari dalam tari tradisi serta menghargai hasil pencapaian diri dengan mempertim-bangkan pendapat orang lain. 


3.3. Berpikir dan 

    Bekerja Artistik 

     (Thinking and 

     Working 

     Artistically) 

Peserta didik meragakan dan menun jukkan hasil rangkaian gerak tari menggunakan unsur pendukung tari dengan bekerja sama dan berperan aktif dalam kelompok.

Meragakan hasil rangkaian gerak tari 

menggunakan unsur pendukung tari dengan menunjukan kerja sama dan berperan aktif dalam kelompok. 


3.4. Menciptakan 

        (Creating)

Peserta didik merangkai dan mengu-bah gerak tari yang berpijak pada tradisi dengan menerapkan desain kelompok.

Merangkai gerak tari yang berpijak pada tradisi/kreasi dengan menerapkan desain kelompok. 

3.5. Berdampak 

        (Impacting) 


Peserta didik menanggapi kejadian-kejadian di lingkungan sekitar melalui tari yang disajikan kepada penonton atau masyarakat sekitar.

Menanggapi kejadian-kejadian di lingkungan sekitar melalui tari yang disajikan kepada penonton atau masyarakat sekitar. 


10. CAPAIAN PEMBELAJARAN SENI TEATER 

    a. Seni Teater Fase A

Elemen

CP 2024

CP 2025 

  1. Mengalami 

(Experiencing) 


Peserta didik mengamati, merespons  meniru gerak tubuh dan suara seba-gai media untuk mengomunikasi kan emosi, personifikasi identitas diri dan orang sekitar, atau perilaku objek sekitar (mimesis). Peserta didik melakukan olah tubuh dan vokal untuk mengenal fungsi gerak tubuh dan melatih ekspresi wajah.

Mengamati, merespons, meniru gerak tubuh dan suara sebagai media untuk mengomunikasikan emosi.


1.2. Merefleksikan 

        (Reflection)

Peserta didik mengenali pengalaman dan emosi selama proses berseni teater. Peserta didik mampu menceri takan sebuah karya dengan kosakata sehari-hari.

Mengenali pengalaman dan emosi selama proses berseni teater serta menceritakan sebuah karya dengan kosakata sehari-hari. 

1.3. Berpikir dan    

      Bekerja Artistik 

      (Thinking and 

      Working 

      Artistically) 

Peserta didik mengenali pengalaman dan emosi selama proses berseni teater. Peserta didik mampu menceri takan sebuah karya dengan kosakata sehari-hari.

Mengenal jenis-jenis properti/alat bantu yang dapat mendukung cerita/ permainan peran. 


1.4 Menciptakan 

(Creating) 

 

Peserta didik menirukan tokoh di sekitar atau rekaan dan memainkan sebuah lakon pertunjukan. Peserta didik bertindak sebagai pelakon dalam pertunjukan.

Mengeksplorasi beragam peran mengenai tokoh di sekitar atau rekaan, dan memainkan sebuah lakon pertunjukan.  


  1. Berdampak 

(Impacting)

Peserta didik menghasilkan karya teater (naskah atau lakon) berdasar- kan minat, pengamatan, dan penga-laman, sehingga memberi dampak positif bagi dirinya.

Memainkan gerak dan lagu sesuai arahan dari pendidik. 



    b. Seni Teater Fase B

Elemen

CP 2024

CP2025

2.1. Mengalami 

      (Experiencing) 


Peserta didik mengenal teknik dasar akting (pemeranan) melalui proses meniru (mimesis), eksplorasi gerak tubuh, suara/vokal sesuai tokoh/ peran atau perilaku objek sekitar. Peserta didik mengidentifikasi inti cerita dan peran yang berbeda dalam sebuah naskah

Mengenal teknik dasar akting (pemeranan) melalui proses meniru (mimesis), mengenal gerak tubuh, suara/vokal sesuai tokoh/peran atau perilaku objek sekitar. 

2.2. Merefleksikan 

         (Reflection)

Peserta didik mengenali pengalaman dan emosi selama proses berseni teater. Peserta didik mampu menceri takan sebuah karya dengan kosakata seni teater yang telah dipelajari.

Mengenali lingkungan sekitarnya dan 

pengalaman dalam bermain teater.


2.3. Bekerja 

        Artistik 

        (Thinking 

        and Working 

        Artistically

Peserta didik menggunakan tata artistik panggung sesuai dengan tokoh yang diperankan dan alur cerita.

Menggunakan properti yang sesuai dengan tokoh yang diperankan.  


2.4. Menciptakan 

        (Creating) 


Peserta didik mengeksplorasi beragam peran mengenai tokoh di sekitar atau rekaan, dan memainkan sebuah lakon pertunjukan. Peserta didik bertindak sebagai pelakon dalam pertunjukan.

Mengamati berbagai peran, mengenal tokoh di sekitar, dan memainkan sebuah lakon dalam cerita.  

                                               

2.5. Berdampak 

        (Impacting) 

Peserta didik menghasilkan karya teater (naskah atau lakon) berdasar kan minat, pengamatan, dan penga- laman, sehingga memberi dampak positif bagi dirinya dan keluarganya.

Mengenal bentuk lakon dalam bermain teater. 


    b. Seni Teater Fase C 

Elemen

CP 2024

CP 2025

3.1. Mengalami 

      (Experiencing) 


Peserta didik melakukan eksplorasi olah tubuh dan vokal sebagai latihan dasar pemeranan. Peserta didik melakukan permainan peran berkelompok seperti improvisasi untuk melatih aksi dan reaksi dalam mengelaborasi cerita atau tokoh. Peserta didik melakukan pengenalan karakter melalui pengamatan kebiasaan tokoh yang diperankan.

Melakukan permainan peran berkelom pok, seperti improvisasi untuk melatih aksi dan reaksi dalam mengelaborasi cerita atau tokoh dan melakukan pengenalan karakter melalui pengamat- an kebiasaan tokoh yang diperankan.


3.2. Merefleksikan 

        (Reflection) 

Peserta didik mempresentasikan hasil penilaian sebuah cerita, peno-kohan, dan proses berkarya dengan menggunakan kosakata seni teater yang telah dipelajari. Peserta didik menceritakan kelebihan dan kekura- ngan karyanya.

Menceritakan pendapatnya tentang sebuah cerita sederhana (penokohan, perwatakan). 

3.3. Berpikir dan 

        Bekerja     

        Artistik 

       (Thinking and 

       Working   

       Artistically)

Peserta didik merencanakan, menata tata artistik panggung, dan memain-kannya sesuai alur cerita. Peserta didik mengeksplorasi alat, bahan, dan budaya yang tersedia di sekitarnya.

Mengidentifikasi properti sederhana berdasarkan cerita yang akan dimainkan. 

3.4. Menciptakan 

        (Creating) 


Peserta didik mengeksplorasi beragam peran mengenai tokoh di sekitar atau rekaan dan menyusun cerita/alur pertunjukan yang memperlihatkan kejelasan alur. Peserta didik bertindak sebagai pelaksana atau pelakon dalam pertunjukan.

Mengenal dan memainkan ragam peran dari cerita sederhana berdasarkan hasil pengamatan. 

3.5. Berdampak 

        (Impacting) 

 

Peserta didik menghasilkan karya teater (naskah atau lakon) berdasar kan minat, pengamatan, dan pengalaman, sehingga memberi dampak positif bagi dirinya dan lingkungan terkecilnya.

Memerankan lakon secara individu maupun berkelompok berdasarkan minat, pengamatan, dan pengalaman. 


11. CAPAIAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK) 

    a. PJOK Fase A

Elemen

CP 2024

CP 2025 

  1. Terampil 

     Bergerak

Peserta didik mempraktikkan kete-rampilan gerak fundamental dan menerapkannya dalam berbagai situ asi gerak yang berbeda. Peserta didik mengeksplorasi berbagai cara meng gerakkan tubuh. Peserta didik mema nipulasi objek dengan bagian tubuh dan dalam ruang yang berbeda, serta menyimpulkan efektivitasnya.

Mempraktikkan keterampilan gerak fundamental dan menerapkannya dalam berbagai situasi gerak yang berbeda; mengeksplorasi berbagai strategi gerak; dan mengeksplorasi berbagai konsep gerak serta menyimpulkan efektivitas-nya. 


  1. Belajar 

Melalui Gerak

Peserta didik mentaati dan menerapkan peraturan untuk mengembangkan fair play di dalam berbagai aktivi tas jasmani. Peserta didik menerapkan strategi kolaborasi ketika berpar tisipasi dalam aktivitas jasmani.

Menaati peraturan untuk menumbuh- kan fair play di dalam berbagai aktivitas jasmani;  menerapkan strategi kolabo-rasi ketika berpartisipasi dalam aktivitas jasmani. 

  1. Bergaya 

Hidup Aktif 


Peserta didik berpartisipasi di dalam berbagai aktivitas jasmani dan mengeksplorasi manfaatnya.

Berpartisipasi di dalam berbagai aktivitas jasmani dan mengidentifikasi manfaatnya.  

  1. Memilih 

Hidup yang Menyehatkan 

Peserta didik mengenali gaya hidup aktif dan sehat, manfaat komponen makanan bergizi seimbang dan infor masi gizi pada produk makanan yang berdampak pada kesehatan, situasi dan potensi yang berisiko terhadap kesehatan dan keselamatan dan strategi mencari bantuan kepada orang dewasa terpercaya.

Mengenali gaya hidup aktif dan sehat; mengenali manfaat komponen makanan bergizi seimbang; serta mengenali situasi dan potensi yang berisiko terhadap kesehatan dan keselamatan serta strategi mencari bantuan kepada orang dewasa terpercaya. 



     b. PJOK Fase B

Elemen

CP 2024

CP 2025 

2.1. Terampil 

        Bergerak 


Peserta didik menghaluskan keteram pilan gerak fundamental dan mene-rapkannya dalam situasi gerak yang baru. Peserta didik menerapkan dan menyesuaikan strategi gerak untuk mendapatkan capaian keterampilan gerak. Peserta didik memeragakan konsep gerak yang dapat diterapkan dalam rangkaian gerak.

Menghaluskan keterampilan gerak fundamental dan menerapkannya dalam situasi gerak yang baru; menyesuaikan strategi gerak untuk mendapatkan capaian keterampilan gerak; dan mempe ragakan berbagai konsep gerak yang dapat diterapkan dalam rangkaian gerak. 


2.2. Belajar 

      Melalui Gerak 


Peserta didik menerapkan strategi gerak sederhana dan memecahkan masalah gerak. Peserta didik menyu-sun bersama dan menerapkan pera-turan untuk mengembangkan fair play ketika berpartisipasi atau meran cang aktivitas jasmani. Peserta didik mempertunjukkan berbagai peran dengan cara yang terhormat untuk mendapatkan keberhasilan capaian di dalam aktivitas gerak kelompok atau tim.

Menerapkan strategi gerak sederhana dan memecahkan masalah gerak; menerapkan peraturan untuk menumbuhkan fair play di dalam berbagai aktivitas jasmani; dan 

berpartisipasi secara positif dalam kelompok atau tim di dalam berbagai aktivitas jasmani.  


2.3. Bergaya 

        Hidup Aktif 

 

Peserta didik berpartisipasi dalam berbagai aktivitas jasmani dan mengenali faktor-faktor yang menyebabkan aktivitas jasmani menyenangkan.

Berpartisipasi dalam berbagai aktivitas jasmani dan mengenali faktor-faktor yang menyebabkan aktivitas jasmani menyenangkan. 


2.4. Memilih   

       Hidup yang 

       Menyehatkan 

 

Peserta didik mengenali risiko kese-hatan akibat gaya hidup dan berba-gai aktivitas jasmani untuk pencegah annya, mengeksplorasi pola makan sehat dan bergizi seimbang sesuai rekomendasi kesehatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, serta mempraktikkan penanganan cedera ringan sesuai pemahaman tentang prinsip pertolongan pertama  

Mengenali risiko kesehatan akibat gaya hidup  dan berbagai aktivitas jasmani untuk pencegahannya; mengidentifikasi pola makan sehat dan bergizi seimbang sesuai rekomendasi kesehatan untuk menunjang aktivitas sehari-hari; dan mempraktikkan penanganan cedera ringan sesuai pemahaman tentang 

prinsip pertolongan pertama.  


    c. PJOK Fase C

Elemen

CP 2024

CP 2025 

3.1. Terampil 

        Bergerak 


Peserta didik menyesuaikan dan memodifikasi keterampilan gerak melintasi berbagai situasi gerak. Peserta didik mentransfer strategi gerak yang sudah dikuasai ke dalam berbagai situasi gerak yang berbeda. Peserta didik menginvestigasi berba gai konsep gerak yang dapat diterap-kan untuk meningkatkan capaian keterampilan gerak.

Menyesuaikan keterampilan gerak melintasi berbagai situasi gerak; mentransfer strategi gerak yang sudah dikuasai ke dalam berbagai situasi gerak yang berbeda; dan menginvestigasi 

berbagai konsep gerak yang dapat diterapkan untuk meningkatkan capaian keterampilan gerak. 


3.2. Belajar 

      Melalui Gerak 


Peserta didik memprediksi dan menguji efektivitas penerapan stra-tegi gerak dalam berbagai situasi gerak. Peserta didik merancang dan menguji peraturan alternatif dan modifikasi permainan untuk mendu-kung fair play dan partisipasi inklusif. Peserta didik berpartisipasi secara positif dalam kelompok atau tim dengan memberi kontribusi pada aktivitas kelompok, mendorong orang lain dan menegosiasikan peran dan tanggung jawab.

Menguji efektivitas penerapan strategi gerak dalam berbagai situasi gerak; merancang peraturan alternatif dan modifikasi permainan untuk mendukung fair play dan partisipasi inklusif; dan menjalankan berbagai peran untuk 

mencapai keberhasilan kelompok atau tim di dalam berbagai aktivitas jasmani. 


3.3. Bergaya 

        Hidup Aktif 


Peserta didik berpartisipasi dalam aktivitas jasmani untuk menggambar kan pengaruh aktivitas jasmani yang teratur terhadap kesehatan. Peserta didik berpartisipasi dalam aktivitas jasmani di luar ruang dan/atau lingkungan alam dan menggambar-kan faktor-faktor yang mempenga-ruhi partisipasi, baik secara pribadi maupun kelompok. Peserta didik mengeksplorasi rekomendasi aktivi-tas jasmani serta pencegahan peri- laku sedenter dan membahas strategi pencapaiannya.

Berpartisipasi dalam aktivitas jasmani dan menjelaskan pengaruh aktivitas jasmani yang teratur terhadap kesehatan; mengidentifikasi 

rekomendasi aktivitas jasmani serta pencegahan perilaku sedenter. 


3.4. Memilih 

       Hidup yang 

       Menyehatkan 

 

Peserta didik mengidentifikasi risiko kesehatan akibat gaya hidup dan pencegahan melalui aktivitas jasma ni berdasarkan rekomendasi otoritas kesehatan, memilih makanan sehat untuk menunjang aktivitas jasmani berdasarkan informasi kandungan gizi pada makanan, dan mempraktik- kan penanganan cedera sedang sesuai pemahaman tentang prinsip pertolongan pertama.  

Mengidentifikasi dan menghubungkan antara gaya hidup, risiko kesehatan, dan aktivitas pencegahannya sesuai rekomen dasi otoritas kesehatan; menjelaskan pola makan sehat untuk menunjang aktivitas jasmani berdasarkan informasi kandungan gizi pada makanan; dan mempraktikkan penanganan cedera sedang sesuai pemahaman tentang prinsip pertolongan pertama. 





12. CAPAIAN PEMBELAJARAN KODING DAN KECERDASAN ARTIFISIAL

       Koding dan KA Fase C: Kelas V dan Kelas VI

Elemen

CP 2025

  1. Berpikir 

Komputasional 

Memahami permasalahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari, menerapkan pemecahan masalah secara sistematis, serta menuliskan instruksi logis dan terstruktur menggunakan sekumpulan kosakata atau simbol. 

1.2. Literasi Digital 


Memahami konsep dasar, manfaat, dan dampak teknologi digital, memahami sistem komputer tingkat pradasar, menerapkan pengamanan informasi pribadi dalam komunikasi daring, memanfaatkan internet, dan memproduksi serta mendiseminasi konten digital dalam bentuk teks dan gambar.  


  1. Literasi dan 

       Etika Kecerdasan 

       Artifisial 

 

Memahami konsep KA sederhana, manfaat dan dampak KA pada kehidupan sehari-hari, prinsip bahwa KA dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dan tidak boleh merugikan manusia, mengetahui perbedaan manusia dan komputer dalam melakukan penginderaan, dan mengetahui perbedaan antara mesin cerdas dan mesin non-cerdas. 

Memahami etika dasar penggunaan KA seperti empati dan tidak menyakiti orang lain. 

1.4. Pemanfaatan dan Pengembangan Kecerdasan Artifisial

Menyimulasikan secara sederhana kerja KA saat mengenali pola, mengklasifikasi benda konkret berdasarkan sifatnya, dan mengetahui bagaimana prediksi sistem KA dipengaruhi input benda konkret. 


Kendari, 25 Juli 2025

Penyusun Perbandingan,


Hamzah Ntouna, S.Pd., M.Pd.


Post a Comment

0 Comments