PERBANDINGAN CP 2024 DAN 2025 KURIKULUM MERDEKA
Perbedaan Rumusan CP pada Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti 2024 dan 2025
CP 2024 | CP 2025 |
Subelemen | Subelemen |
1. Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran po kok sesuai dengan agama dan kepercayaannya (1) | 1. Murid percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta dirinya, makhluk lain dan alam, serta mulai mengenal dan mempraktik kan ajaran pokok sesuai dengan agama dan kepercayaannya |
2. Anak berpartisipasi aktif dalam menjaga keber sihan, kesehatan, dan keselamatan diri sebagai bentuk rasa sayang terhadap dirinya dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa; (2) | 2. Murid menghargai diri sendiri dan memiliki rasa syukur terhadap Tuhan YME sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga keberihan, kesehatan, dan keselamatan diri- nya. |
3. Anak menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya dan mempraktikkan perilaku baik dan berakhlak mulia; dan (3) | 3. Murid menghargai sesama manusia dengan berbagai perbedaannya sehingga mempraktik- kan perilaku baik dan berakhlak mulia; |
4. Anak menghargai alam dengan cara merawat- nya dan menunjukkan rasa sayang terhadap makhluk hidup yang merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. (4) | 4. Murid menghargai alam dan seluruh makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. |
Perbedaan Rumusan CP pada Elemen Jati Diri 2024 dan 2025
CP 2024 | CP 2025 |
Subelemen 1. Anak mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi diri, serta membangun hubungan sosial secara sehat. (poin 3 CP 2025) | Subelemen 1. Murid mengenali identitas dirinya yang terben tuk oleh karakteristik fisik dan gender, minat, kebutuhan, agama, dan sosial budaya. |
2. Anak memahami identitas dirinya yang (1 2025) terbentuk oleh ragam minat, kebutuh- an, karakteristik gender, agama, dan sosial budaya | 2. Murid mengenali kebiasaan-kebiasaan di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat. (CP baru) |
3. Anak mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap identitas dan perannya sebagai bagi an dari keluarga, sekolah, masyarakat, dan anak Indonesia sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan, dan norma yang berlaku. (poin 4 2025) | 3. Murid mengenali, mengekspresikan, dan mengelola emosi diri, serta membangun hubungan sosial sec.ara sehat. |
4. Anak menggunakan fungsi gerak (motorik kasar, halus, dan taktil) untuk mengeksplorasi dan memanipulasi berbagai objek dan lingkungan sekitar sebagai bentuk pengembangan diri. (poin 5 CP 2025) | 4. Murid mengenali perannya sebagai bagian dari keluarga, satuan pendidikan, masyarakat dan warga negara Indonesia sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan dan norma yang berlaku, dan mengetahui keberadaan negara lain di dunia. |
Tidak ada butir 5 | 5. Murid memiliki fungsi gerak (motorik kasar, halus, dan taktil) untuk merawat dirinya, membangun kemandirian dan berkegiatan |
Perbedaan Rumusan CP pada Elemen Limasatereni 2024 dan 2025
CP 2024 | CP 2025 |
Subelemen | Subelemen |
1. Anak mengenali dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau mengguna- kan berbagai media serta membangun perca- kapan. | 1. Murid mengenali dan memahami berbagai informasi, mengomunikasikan perasaan dan pikiran secara lisan, tulisan, atau mengguna- kan berbagai media serta membangun perca- kapan, menunjukkan minat, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca. |
2. Anak menunjukkan minat, kegemaran, dan berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca dan pramenulis. | 2. Murid memiliki kepekaaan bilangan; mengi- dentifikasi pola; memiliki kesadaran tentang bentuk, posisi, dan ruang; menyadari adanya persamaan dan perbedaan karakteristik antar objek; mampu melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku; dan memiliki kesa-daran mengenai waktu. |
3. Anak memiliki kemampuan menyatakan hubungan antar bilangan dengan berbagai cara (kesadaran bilangan), mengidentifikasi pola, mengenali bentuk dan karakteristik benda di sekitar yang dapat dibandingkan dan diukur, mengklasifikasi objek, dan kesadaran mengenai waktu melalui proses eksplorasi dan pengalaman langsung dengan benda-benda konkret di lingkungan. | 3. Murid mampu mengamati, menyebutkan alasan, pilihan atau keputusannya, mampu memecahkan masalah sederhana, serta mengetahui hubungan sebab akibat dari suatu kondisi atau situasi yang dipengaruhi oleh hukum alam dan kondisi sosial. |
4. Anak mampu menyebutkan alasan, pilihan atau keputusannya, mampu memecahkan masalah sederhana, serta mengetahui hubu- ngan sebab akibat dari suatu kondisi atau situasi yang dipengaruhi oleh hukum alam. | 4. Murid menunjukkan kemampuan awal meng- gunakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan, dan kete- rampilan secara aman dan bertanggung jawab. |
5. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan menggunakan lingkungan sekitar dan media sebagai sumber belajar untuk mendapatkan gagasan mengenai fenomena alam dan sosial. | 5. Murid mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya, serta mengapresiasi karya seni |
6. Anak menunjukkan kemampuan awal menggu nakan dan merekayasa teknologi serta untuk mencari informasi, gagasan, dan keterampilan secara aman dan bertanggung jawab. | |
7. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, mengekspresikannya, serta mengapresiasi karya seni. |
0 Comments
Terimakasih