PERBANDINGAN CP 2024 DAN 2025 KURIKULUM MERDEKA

 PERBANDINGAN CP 2024 DAN 2025 KURIKULUM MERDEKA

Perbedaan Rumusan CP pada Elemen Nilai Agama dan Budi Pekerti 2024 dan 2025 

CP 2024

CP 2025

Subelemen

Subelemen

1. Anak percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, 

    mulai mengenal dan mempraktikkan ajaran po

    kok sesuai dengan agama dan kepercayaannya 

    (1)                                                                                                              

1. Murid percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa 

    sebagai pencipta dirinya, makhluk lain dan 

    alam, serta mulai mengenal dan mempraktik 

    kan ajaran pokok sesuai dengan agama dan 

    kepercayaannya

2. Anak berpartisipasi aktif dalam menjaga keber

    sihan, kesehatan, dan keselamatan diri sebagai

    bentuk rasa sayang terhadap dirinya dan rasa

    syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa;   (2)                                       

2. Murid menghargai diri sendiri dan memiliki 

    rasa syukur terhadap Tuhan YME sehingga 

    dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga 

    keberihan, kesehatan, dan keselamatan diri-

    nya.

3. Anak menghargai sesama manusia dengan 

    berbagai perbedaannya dan mempraktikkan 

    perilaku baik dan berakhlak mulia; dan (3)                                                                                                                                     

3. Murid menghargai sesama manusia dengan 

    berbagai perbedaannya sehingga mempraktik-

    kan perilaku baik dan berakhlak mulia;

4. Anak menghargai alam dengan cara merawat-

    nya dan menunjukkan rasa sayang terhadap 

    makhluk hidup yang merupakan ciptaan Tuhan 

    Yang Maha Esa.  (4)

4. Murid menghargai alam dan seluruh makhluk 

    hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.                          


Perbedaan Rumusan CP pada Elemen Jati Diri 2024 dan 2025

CP 2024

CP 2025

Subelemen                                                                                         1. Anak mengenali, mengekspresikan, dan 

    mengelola emosi diri, serta membangun 

    hubungan sosial secara sehat. (poin 3 CP 2025)                                                                                                                                                                      

Subelemen                                                                                                                                1. Murid mengenali identitas dirinya yang terben 

    tuk oleh karakteristik fisik dan gender, minat, 

    kebutuhan, agama, dan sosial budaya.                                                                                                                          

2. Anak memahami identitas dirinya yang (1 

    2025) terbentuk oleh ragam minat, kebutuh-

    an, karakteristik gender, agama, dan sosial 

    budaya

2. Murid mengenali kebiasaan-kebiasaan di 

    lingkungan keluarga, satuan pendidikan, dan 

    masyarakat. (CP baru)                                                                                 

3. Anak mengenal dan memiliki perilaku positif 

    terhadap identitas dan perannya sebagai bagi 

    an dari keluarga, sekolah, masyarakat, dan 

    anak Indonesia sehingga dapat menyesuaikan 

    diri dengan lingkungan, aturan, dan norma 

    yang berlaku. (poin 4  2025)

3. Murid mengenali, mengekspresikan, dan 

    mengelola emosi diri, serta membangun 

    hubungan sosial sec.ara sehat.

4. Anak menggunakan fungsi gerak (motorik 

    kasar, halus, dan taktil) untuk mengeksplorasi 

    dan memanipulasi berbagai objek dan 

    lingkungan sekitar sebagai bentuk 

    pengembangan diri. (poin 5 CP 2025) 

4. Murid mengenali perannya sebagai bagian 

    dari keluarga, satuan pendidikan, masyarakat 

    dan warga negara Indonesia sehingga dapat 

    menyesuaikan diri dengan lingkungan, aturan 

    dan norma yang berlaku, dan mengetahui 

    keberadaan negara lain di dunia.         


Tidak ada butir 5

5. Murid memiliki fungsi gerak (motorik kasar, 

    halus, dan taktil) untuk merawat dirinya, 

    membangun kemandirian dan berkegiatan

Perbedaan Rumusan CP pada Elemen Limasatereni 2024 dan 2025

CP 2024

CP 2025

Subelemen

Subelemen

1. Anak mengenali dan memahami berbagai 

    informasi, mengomunikasikan perasaan dan 

    pikiran secara lisan, tulisan, atau mengguna-

    kan berbagai media serta membangun perca-

    kapan.                                                                                                                                                        

1. Murid mengenali dan memahami berbagai 

    informasi, mengomunikasikan perasaan dan 

    pikiran secara lisan, tulisan, atau mengguna-

    kan berbagai media serta membangun perca-

    kapan, menunjukkan minat, dan berpartisipasi 

    dalam kegiatan pramembaca.                                                                   

2. Anak menunjukkan minat, kegemaran, dan 

    berpartisipasi dalam kegiatan pramembaca 

    dan pramenulis.                                                                                                                                                                        

2. Murid memiliki kepekaaan bilangan; mengi-

    dentifikasi pola; memiliki kesadaran tentang 

    bentuk, posisi, dan ruang; menyadari adanya 

    persamaan dan perbedaan karakteristik antar 

    objek; mampu melakukan pengukuran dengan 

    satuan tidak baku; dan memiliki kesa-daran 

    mengenai waktu. 

3. Anak memiliki kemampuan menyatakan 

    hubungan antar bilangan dengan berbagai 

    cara (kesadaran bilangan), mengidentifikasi 

    pola, mengenali bentuk dan karakteristik 

    benda di sekitar yang dapat dibandingkan dan 

    diukur, mengklasifikasi objek, dan kesadaran 

    mengenai waktu melalui proses eksplorasi dan 

    pengalaman langsung dengan benda-benda  

    konkret di lingkungan.                                                                              

3. Murid mampu mengamati, menyebutkan 

    alasan, pilihan atau keputusannya, mampu 

    memecahkan masalah sederhana, serta 

    mengetahui hubungan sebab akibat dari suatu 

    kondisi atau situasi yang dipengaruhi oleh 

    hukum alam dan kondisi sosial.                                                                                                      

4. Anak mampu menyebutkan alasan, pilihan 

    atau keputusannya, mampu memecahkan 

    masalah sederhana, serta mengetahui hubu- 

    ngan sebab akibat dari suatu kondisi atau 

    situasi yang dipengaruhi oleh hukum alam.                                                                                                                              

4. Murid menunjukkan kemampuan awal meng-

    gunakan dan merekayasa teknologi serta 

    untuk mencari informasi, gagasan, dan kete- 

    rampilan secara aman dan bertanggung jawab.                                                                                        

5. Anak menunjukkan rasa ingin tahu melalui 

    observasi, eksplorasi, dan eksperimen dengan 

    menggunakan lingkungan sekitar dan media 

    sebagai sumber belajar untuk mendapatkan 

    gagasan mengenai fenomena alam dan sosial.                                                                                                                           

5. Murid mengeksplorasi berbagai proses seni, 

    mengekspresikannya, serta mengapresiasi 

    karya seni

6. Anak menunjukkan kemampuan awal menggu 

    nakan dan merekayasa teknologi serta untuk 

    mencari informasi, gagasan, dan keterampilan 

    secara aman dan bertanggung  jawab.                                                                             


7. Anak mengeksplorasi berbagai proses seni, 

    mengekspresikannya, serta mengapresiasi 

    karya seni.
















Post a Comment

0 Comments