Apakah Kurikulum Merdeka akan di ubah menjadi Kurikulum Deep Learning? Apakah Bapak ibu dalam mengajar lebih banyak mengajak anak menghafal atau memahami? Pada saat membuat soal ujian, apakah bapak ibu banyak memberikan soal dengan jawaban hafalan siswa atau pemahaman siswa? Seringkali kita terjebak dalam paradigma bahwa megajar adalah mengajak anak menghafal.
Alhasil saat ujian anak-anak sering tidak bisa menjawab soal karena banyak yang belum hafal. Akhirnya banyak anak yang stress dan depresi Jadi lebih penting mana belajar dengan menghafal dan memahami?
Gagasan perubahan model kurikulum di Indonesia diisyaratkan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Abdul Mu’ti. Ia memberi sinyal bakal mengkaji ulang Kurikulum Merdeka dan mengarahkan model deep learning. Namun, Abdul Mu'ti mengatakan bahwa deep learning bukan kurikulum, melainkan digunakan sebagai pendekatan dalam pembelajaran. Deep learning dirancang dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa melalui pendekatan yang lebih mendalam dan fokus pada keterlibatan aktif para peserta didik
Bila diaplikasikan dalam metode pembelajaran, maka arti deep learning adalah sebuah kurikulum yang menggabungkan tiga elemen utama, yaitu Mindful Learning, Meaningful Learning, dan Joyfull Learning. Masing-masing elemen dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang tidak hanya mengedepankan pengetahuan, tetapi juga pengalaman bermakna bagi para peserta didik
Dalam konteks pendidikan, Deep Learning adalah pendekatan pembelajaran yang menekankan pemahaman konsep dan penguasaan kompetensi secara mendalam dalam cakupan materi yang lebih sempit. Pembelajaran Mendalam merupakan pendekatan yang memuliakan dengan menekankan penciptaan suasana belajar dan pada proses
pembelajaran berkesadaran (mindful), bermakna (meaningful), dan menggembirakan (joyful) melalui olah pikir (intelektual), olah hati (etika), olah rasa (estetika), dan olah raga (kinestetik) secara holistik dan terpadu.
3 Elemen Utama Dalam Deep Learning
Mindfull Learning
Meaningfull Learning
JoyfullLearning
Mindfull learning atau pembelajaran yang sadar adalah metode belajar yang mendorong murid untuk sepenuhnya hadir dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Meaningfull Learning merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya kelas dan mendorong siswa dengan penerapannya dalam kehidupan mereka
Joyfull Learning adalah suatu proses pendekatan pengajaran yang membuat kelas jadi menyenangkan, dan tidak monoton.
Paparan_Pembelajaran_Mendalam 2025-OK.pdf
49 Ide Deep Learning (Pembelajaran Mendalam)-1.pdf
Modul Koding Dan KA
0 Comments
Terimakasih