LKPD Bahasa Indonesia

 


Lembar Kerja Peserta Didik

Bahasa Indonesia

Nama : ....... 

NIS/NISN : ……

Kelas : ......


A. Pilihlah pada jawaban yang paling tepat!

  1.  Bacalah penggalan fabel berikut!

“Herrrggh… diamlah kau, Tikus kecil,” bentak Singa. Kaumakhluk lemah. Beraninya kamu berjalan di atas mukaku; mengganggu tidurku. Apa kamu tidak takut? Aku akan membunuhmu!” kata Singa mengancam.

Tikus semakin ketakutan. Ia coba anggotakan diri.

“Tolonglah, ampuni hamba, Tuan. Jangan bunuh hamba. Mungkin suatu saat Tuan membutuhkan hamba.”

Ciri penggunaan bahasa pada penggalan fabel tersebut adalah ….

A. Ada kata sandang

B. Ada kata seru

C. terdapat kalimat langsung

D. ada bahasa asing

BACA INI JUGA YAH : 

BIOGRAFI SULTAN AGUNG 1593 1645

SRI MULYANI INDRAWATI

BIOGRAFI PANGERAN DIPONEGORO

BIOGRAFI CUT NYAK DHIEN 1848 1908

BIOGRAFI SULTAN HASANUDDIN 1631 1670

BIOGRAFI RADEN AJENG KARTINI 1879 1904

BIOGRAFI DR WAHIDIN SUDIROHUSODO 1852 1917

BIOGRAFI MOHAMMAD HATTA 1902 1980

BIOGRAFI SUTAN SJAHRIR 1909 1966

BIOGRAFI HAJI AGUS SALIM 1884 1954

BIOGRAFI JENDERAL SUDIRMAN 1916 1950

BIOGRAFI GUSTI NGURAH RAI 1917 1946

BIOGRAFI KI HADJAR DEWANTARA 1889 1959

BIOGRAFI BIOGRAFI PAHLAWAN DEWI SARTIKA


2. Bacalah kutipan fabel berikut!

Ulu kembali memohon. Hujan telah tiba! Hujan telah tiba! Hai Ikan! Aku sangat suka dengan hujan, bagaimana denganmu? Ulu berhenti di pinggir kolam dan berbicara kepada Ikan.

Penulisan kalimat langsung yang tepat pada kutipan fabel tersebut adalah …..

A. “Ulu kembali berseru, Hujan telah tiba! Hujan telah tiba! Hai Ikan! Aku sangat suka dengan hujan, bagaimana denganmu? Ulu berhenti di pinggir kolam dan berbicara kepada Ikan.

B. “Ulu kembali berseru!” Hujan telah tiba! Hujan telah tiba! Hai Ikan! Aku sangat suka dengan hujan, bagaimana denganmu? Ulu berhenti di pinggir kolam dan berbicara kepada Ikan.”

C. “Ulu kembali berseru.” “Hujan telah tiba! Hujan telah tiba! Hai Ikan! Aku sangat suka dengan hujan, bagaimana denganmu?” “Ulu berhenti di pinggir kolam dan berbicara kepada Ikan.”

D. Ulu kembali berseru, “Hujan telah tiba! Hujan telah tiba! Hai Ikan! Aku sangat suka dengan hujan, bagaimana denganmu?” Ulu berhenti di pinggir kolam dan berbicara kepada Ikan.

3. Bacalah kutipan fabel berikut!

“Ulu, aku tidak suka dengan hujan. Kamu lihat betapa kecilnya tubuhku? Air hujan akan menyeret dan menenggelamkanku ke kolam! Aku tidak bisa berenang sepertimu, makanya aku berteduh,” sahut Semut.

Kalimat pengiring yang terdapat pada kalimat langsung tersebut terletak….

A. sebelum petikan

B. setelah petikan

C. di awal petikan

D. di tengah petikan

4. Bacalah kutipan fabel berikut!

“Makanya Semut, kamu harus berlatih berenang! Aku sejak berudu sudah bisa berenang, masa kau tidak bisa? Berenang itu sangat mudah, julurkan saja kakimu,” Ulu menjulurkan kakinya, “dan tendang ke belakang seperti ini! Ups, maaf, kakimu kan pendek.”

Kalimat pengiring yang terdapat pada kalimat langsung tersebut terletak….

A. sebelum petikan

B. setelah petikan

C. di awal petikan

D. di tengah petikan


BACA INI JUGA YAH :

TOKOH TOKOH PADA KERAJAAN MELAYU

TEHNIK PENGUASAAN KERAJAAN MELAYU

DAERAH KEKUASAAN KERAJAAN MELAYU

TRADISI MELAYU

DAERAH DAERAH MENJADI PUSAT SENTRAL SAAT KERAJAAN MELAYU

RAJA RAJA DARI KERAJAAN MELAYU

KEHIDUPAN SAAT KERAJAAN MELAYU

KAITAN KEPULAUAN RIAU TERHADAP KERAJAAN MELAYU

KEKAYAAN YANG DAPAT DILIHAT PENINGGALAN KERAJAAN MELAYU

APAKAH ADA PENINGGALAN KERAJAAN MELAYU BERUPA EMAS

DIMANA EMAS PENINGGALAN KERAJAAN MELAYU

GAMBAR EMAS YANG DITINGGALKAN KERAJAAN MELAYU

5. Perhatikan kalimat berikut!

Wah gak main

 Penulisan kata seru yang tepat adalah ….

A. Wah, bukan main!

B. Wah. bukan main!

C. Wah! bukan main.

D. Wah, bukan main.

 



B. Tulislah B jika  penulisan kalimat langsung benar dan S jika penulisan kalimat langsung salah! Tulislah alasanmu yang sesuai pada baris berikutnya!

1. Ulu kembali berseru, “Hujan telah tiba! Hujan telah tiba! Hai Ikan! Aku sangat suka dengan hujan, bagaimana denganmu? Ulu berhenti di tepi kolam dan berbicara kepada Ikan yang sedang berenang di dalam kolam. (… )

Alasan : ….

.

2. “Apa yang kau maksud Burung? Tentu saja aku tidak bisa!” Ulu cemberut dan menatap kearah dua kakinya. ( … )

Alasan : ….

.

3. “Makanya Semut, kau harus berlatih berenang! “ kata Semut ( … )

Alasan : …..

.

4. “Aku sejak berupa berudu sudah bisa berenang “ kata Ulu. ( … )

Alasan : …..

.

5. masa kau tidak bisa? Berenang itu sangat mudah, julurkan saja kakimu,” Ulu menjulurkan kakinya, “dan tendang ke belakang seperti ini! Ups, maaf, kakimu kan pendek.” Sambil tertawa, Ulu melompat meninggalkan semut. ( … )

Alasan: ….

Lihat bahan bacaan: Penggunaan Kalimat Langsung dan Penulisan Kata Seru

Orang Tua/Wali

………………………

Guru MP

……………..

Nilai

…………