Matematika HOTS Contoh Soal dan Pembahasan SMP

 


Matematika HOTS Contoh Soal dan Pembahasan SMP, PARDOMUANSITANGGANG.COM - Contoh soal Matematika HOTS atau Higher Order Thinking Skills merujuk pada kemampuan berpikir tingkat tinggi yang melibatkan pemikiran analitis, kritis, dan kreatif. Soal matematika HOTS dirancang untuk mendorong siswa untuk tidak hanya mengingat fakta dan rumus, tetapi juga menerapkan konsep-konsep tersebut dalam situasi yang lebih kompleks, mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam, dan melatih keterampilan berpikir kritis.

 

Lihat Juga : Mobile Legend

Oleh karena itu Beberapa karakteristik soal matematika HOTS meliputi:

  1. Pemecahan Masalah: Menuntut siswa untuk mengidentifikasi masalah, merumuskan strategi pemecahan, dan menerapkan konsep matematika untuk mencapai solusi.
  2. Analisis: Mengharuskan siswa untuk menganalisis informasi, data, atau situasi matematika dengan lebih mendalam, bukan hanya memberikan jawaban langsung.
  3. Pemikiran Kritis: Mendorong pemikiran kritis dan evaluatif terhadap solusi yang dihasilkan, meminta siswa untuk mempertimbangkan keberlakuan dan keakuratan jawaban mereka.
  4. Pemikiran Kreatif: Mengajak siswa untuk menemukan pendekatan baru atau melihat konsep matematika dari sudut pandang yang berbeda.
  5. Pengaitan Konsep: Menuntut siswa untuk mengaitkan dan mengintegrasikan konsep-konsep matematika yang berbeda.

Contoh soal HOTS mungkin termasuk pemberian konteks nyata untuk konsep matematika, menantang siswa untuk merumuskan sendiri strategi pemecahan masalah, atau meminta mereka untuk memberikan penjelasan rinci terhadap proses mereka dalam menyelesaikan suatu masalah.

Jika Anda tertarik, saya bisa memberikan contoh soal matematika HOTS untuk topik tertentu atau tingkat kelas tertentu. Silakan beritahu saya topik atau tingkat kesulitan yang Anda inginkan.

 

soal matematika HOTS Operasi pada bilangan bulat atau pecahan

Menghitung hasil operasi campuran  bilangan bulat (K1)

Hasil dari (-12) : 3 + (-8) x (-5) adalah ... .

A. – 44                                                  C. 36

B. – 36                                                   D. 44

Lihat Juga : PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 19 TAHUN 2005 Tentang STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

Menyelesaikan menjelaskan (memecahkan) masalah yang  berkaitan operasi hitung bilangan bulat (K2) soal matematika HOTS

Dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban  salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab diberi skor 0. Dari 40 soal yang diujikan, Dedi menjawab 31 soal, skor yang diperoleh 81. Banyak soal yang dijawab benar oleh Dedi   adalah ….

A. 21                                                  C. 23

B. 22                                     D. 28

Lihat Juga : Swasembada pangan

Materi Pengayaan Soal matematika HOTS Ujian Nasiona Matematika SMP 2018.

https://youtu.be/2C6MyO3qxRI
Soal Matematika HOTS

Lihat Juga : Tren anak muda di tahun 2023 Dari segi Digitalisasi

Materi Pengayaan Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2018.

Berikut ini admin bagikan Materi Pengayaan Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2018 untuk bahan referensi belajar peserta didik kelas IX dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional Matematika tahun 2018 mendatang.

 

Petunjuk

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (x) pada salah satu huruf A, B, C, atau D.

Soal nomor 2

  • Indikator SKL :Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
  • Indikator soal : Menyelesaikan soal cerita yang menggunakan operasi hitung bilangan bulat.

Di dalam kompetisi Matematika, setiap jawaban benar diberi skor 3, jawaban salah diberi skor -1, dan jika tidak menjawab diberi skor 0. Dari 40 soal yang diujikan, Dedi menjawab 31 soal, yang 28 soal di antaranya dijawab benar. Skor yang diperoleh Dedi adalah ….
A. 81
B. 84
C. 87
D. 93

Kunci jawaban: A
Pembahasan
28 soal benar, skornya adalah 28 × 3 = 84.
3 soal salah, skornya adalah 3 × (-1) = -3.
Skor yang diperoleh Dedi adalah 84 + (-3) = 81.

Soal nomor 3

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran

Perbandingan banyak permen A dan B adalah 5 : 7. Jika selisih permen mereka sebanyak
60, maka jumlah kelereng mereka adalah….
A. 84
B. 168
C. 180
D. 360

Kunci jawaban: D
Pembahasan :

 

Soal nomor 4

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar
  • Indikator Soal : Menentukan hasil perpangkatan dari bilangan bulat berpangkat bilangan bulat negatif

Hasil dari 2-3 x 2-2 = ….

A. -32

B. -2

C.

D.

Kunci jawaban : D

Pembahasan :

 

Soal nomor 5

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah berkaitan dengan bilangan berpangkat atau bentuk akar
  • Indikator Soal : Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan bentuk akar

Hasil dari adalah ….

 

Kunci jawaban: D
Pembahasan :

 

Soal nomor 6

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi
  • Indikator Soal : Menentukan besar tabungan awal , jika unsur yang diperlukan diketahui

Nabila menabung pada sebuah Bank, setelah 8 bulan uangnya menjadi Rp 6.720.000,00. Jika dia mendapat bunga 18% setahun, maka uang yang pertama ditabung adalah ….
A. Rp. 5.000.000,00
B. Rp. 6.000.000,00
C. Rp. 6.300.000,00
D. Rp. 6.500.000,00

Kunci jawaban : B

Pembahasan :

 

Soal nomor 7

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
  • Indikator Soal :Menentukan suku ke-n dari barisan aritmatika yang diberikan

Suku ke-20 dari barisan 15, 19, 23, 27, … adalah… .
A. 81
B. 85
C. 91
D. 95

Kunci jawaban: C
Pembahasan
Barisan bilangan dari data itu : 15, 19, 23, 27, …
Diketahui a = 15, b = 4 , n = 20
Un = a + (n-1)b
U20 = 15 + (20-1) x 4
= 15 + 76 = 91

Soal nomor 8

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
  • Indikator Soal : Menentukan rumus Un, jika unsur yang diperlukan diketahui dari barisan geometri.

Rumus suku ke–n dari barisan 243, 81, 27, 9,… adalah…..

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan :

 

Soal nomor 9

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.
  • Indikator Soal : Menentukan jumlah n suku pertama deret aritmatika, jika unsur yang diperlukan diketahui

Diketahui barisan aritmetika dengan suku ke-2 = 46 dan suku ke-5 = 34. Jumlah 40 suku
pertama barisan itu adalah…
A. 1120
B. 440
C. – 440
D. – 1120

Kunci jawaban: D
Pembahasan :

 

 

Soal nomor 10

  • Indikator SKL : Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
  • Indikator Soal : Menentukan berbagai pemfaktoran

Perhatikan pemfaktoran berikut!

 

Pemfaktoran yang benar ditunjukkan oleh nomor …
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4

Kunci jawaban : B

Pembahasan :

 

Soal nomor 11

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
  • Indikator Soal : Menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linier satu variabel bentuk pecahan

Himpunan penyelesaian dari untuk x anggota bilangan bulat adalah …..

 

Kunci jawaban : C

Pembahasan :

 

Soal nomor 12

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan masalah berkaitan pertsamaan linier satu variabel soal

Tiga bilangan ganjil berurutan jumlahnya 39. Jumlah bilangan terbesar dan terkecil dari
bilangan tersebut adalah….
A. 22
B. 24
C. 26
D. 28

Kunci jawaban: C
Pembahasan :
Misal bilangan pertama = x, bil 2 = x + 2 dan bil ke-3 = x + 4
Persamaan : x + (x+2) + (x+4) = 39
⇔ 3x + 6 = 39
⇔ 3x = 33 sehingga x = 11
Ke-3 bilangan itu = 11, 13, dan 15
Jumlah bilangan kecil dan besar = 11 + 15 = 26

Soal nomor 13

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan
  • Indikator Soal : Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan

Diketahui A = {x | x < 10, x ∈ bilangan prima} dan B = {x | 1 x < 10, x ∈ bilangan ganjil}. A È B adalah ….
A. { 3, 4, 5 }
B. { 3, 5, 7 }
C. { 2, 3, 5,7,9, 10}
D. {1, 2, 3, 5, 7, 9}

Kunci jawaban: D
Pembahasan :
A = {x | x < 10, x∈ bilangan prima}, maka A={2,3,5,7},
B = {x |1 x < 10, x ∈ bilangan ganjil}, maka B={1,3,5,7,9}
A ∪ B = {1,2,3,5,7,9}

Soal nomor 14

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
  • Indikator Soal : Menentukan nilai fungsi f(c ) , jika f (a ), f ( b ) dan rumus fungsi diketahui

Diketahui rumus fungsi f (x) = ax + b. Jika f (2) = -2 dan f (-3) = 13 maka nilai f (4) adalah….
A. –16
B. – 8
C. – 4
D. 16

Kunci jawaban: B
Pembahasan :

 

Soal nomor 15

  • Indikator SKL : Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
  • Indikator soal : Menentukan persamaan garis yang melalui 2 titik

Persamaan garis yang melalui titik (–3 , 6) dan ( 1, 4) adalah … .
A. x + 2y = 9
B. 2x + y = 15
C. x – 2y = 15
D. 2x – y = 9

Kunci jawaban : A
Pembahasan :

 

Soal nomor 16

  • Indikator SKL : Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
  • Indikator Soal : Menentukan gradien dari persamaan garis

Gradien garis dengan persamaan x – 3y = – 6 .

Kunci jawaban : C

Pembahasan :

 

Soal nomor 17

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan SPLDV
  • Indikator soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV

Harga 2 buku dan 5 pensil adalah Rp 6.500,00, sedangkan harga 4 buku dan 3 pensil adalah Rp 9.500,00. Harga 2 buku dan 4 pensil adalah…
A. Rp 4.500,00
B. Rp 5.000,00
C. Rp 5.500,00
D. Rp 6.000,00

Kunci jawaban : D
Pembahasan :
Misal : Harga 1 buku = x
Harga 1 pensil = y, maka:
(1)… 2x+5y = 6.500
(2)….. 4x+3y = 9.500
Dengan subsitusi dan eliminasi didapat y = 500 dan x = 2000

Harga 2 buku dan 4 pensil = 2x + 4y
= 2 x Rp2.000,00 + 4 x Rp500,00)
=Rp4.000,00 +Rp2.000,00 = Rp6.000,00

Soal nomor 18

  • Indikator SKL : Menyelesaikan soal menggunakan teorema Pythagoras
  • Indikator Soal : Peserta didik dapat menyelesaikan soal dengan menggunakan konsep teorema Pythagoras

Keliling sebuah belahketupat 68 cm, sedangkan panjang salah satu diagonalnya 16 cm. Luas belah ketupat adalah … .
A. 240 cm2
B. 260 cm2
C. 480 cm2
D. 520 cm2

Kunci jawaban : A
Pembahasan :

 

Soal nomor 19

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas gabungan 2 bangun datar.

Perhatikan gambar persegi dan persegipanjang di bawah ini!

 

Jika luas daerah yang diarsir pada bangun tersebut 18 cm2 dan panjang GH = 15 cm, maka jumlah luas daerah yang tidak diarsir adalah ….
A. 51 cm2 B. 102 cm2 C. 168 cm2
D. 198 cm2

Kunci jawaban : D
Pembahasan :

L. yang tidak diarsir = L. persegipanjang + L. persegi – 2 x L. diarsir
= (15 x 6) + (12 x 12) – (2 x 18)
= 90 + 144 – 36 = 198 cm2

Soal nomor 20

  • Indikator SKL : Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
  • Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling bangun datar

Sebuah bingkai berbentuk belahketupat dengan panjang sisi 15 cm, akan dibuat dari kayu. Jika Pak Ali memiliki kayu sepanjang 420 cm, maka banyak bingkai yang dapat dibuat adalah …
A. 7
B. 14
C. 18
D. 36

Kunci jawaban : A
Pembahasan
K = 4 x S
= 4 x 15 cm = 60 cm
Banyak bingkai = 420 : 60 = 7

Soal nomor 21

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
  • Indikator Soal : Menentukan sisi-sisi yang sama bila diberikan dua buah bangun kongruen

Pada segitiga ABC dan DEF, A = F dan B = E. Jika kedua segitiga kongruen, maka panjang sisi yang sama adalah ….
A. AC=EF
B. AB=DE
C. BC=EF
D. BC=DE

Kunci jawaban: D
Pembahasan :
Jika A = F dan E, maka C = D
Panjang sisi yang sama harus diapit oleh besar sudut yang sama, maka AB = EF , BC = ED dan AC = FD

Soal nomor 22

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
  • Indikator Soal : Menentukan perbandingan bila diberikan dua buah bangun yang sebangun

Diketahui segitiga ABC dengan panjang AB = 6 cm, AC = 10 cm dan BC = 8 cm. Segitiga DEF, panjang DE = 15 cm, DF = 9 cm dan EF = 12 cm. Perbandingan sisi-sisi pada segitiga ABC dan DEF adalah ….
A. 2 : 3
B. 3 : 4
C. 3 : 5
D. 4 : 5

Kunci jawaban : A
Pembahasan :

 

Soal nomor 23

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
  • Indikator Soal : Menghitung panjang sisi pada trapesium yang memuat dua segitiga yang sebangun

Panjang MN pada gambar di bawah adalah ….


A. 14 cm
B. 16 cm
C. 17 cm
D. 18 cm

Kunci jawaban : C
Pembahasan :
Dengan perkalian silang

 

Soal nomor 24

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis, besar dan jenis sudut, serta sifat sudut yang terbentuk dari dua garis yang di potong garis lain.
  • Indikator Soal : Menentukan jenis – jenis sudut jika unsur yang diperlukan diketahui

Perhatikan gambar berikut!

 

Diketahui besar CBD = (2x+5)
dan ABD = (3x–25)º
Besar sudut CBD adalah….
A. 82º
B. 85º
C. 95º
D. 104º

Kunci jawaban : B
Pembahasan

 

Soal nomor 25

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga.
  • Indikator Soal : Menentukan nama garis istimewa pada segitiga

Pada gambar segitiga ABC, E adalah titik tengah AB. Jika dibuat garis CE, maka CE adalah
garis ….
A. garis tinggi
B. garis bagi
C. garis sumbu
D. garis berat

Kunci jawaban : C
Pembahasan
Sketsa :

 

Soal nomor 26

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
  • Indikator Soal : Menghitung besar sudut yang berkaitan sudut pusat atau sudut keliling pada lingkaran

Perhatikan gambar berikut!
O pusat lingkaran

 

 

Kunci jawaban : B

Pembahasan :

 

Soal nomor 26

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
  • Indikator Soal : Menghitung luas juring jika unsur yang diperlukan diketahui.

Perhatikan gambar!
O adalah titik pusat lingkaran.


Jika luas juring MOL= 12 cm2, maka luas juring KOL adalah … .
A. 14 cm2
B. 15 cm2
C. 16 cm2
D. 18 cm2

Kunci jawaban : C
Pembahasan :

 

Soal nomor 28

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran.
  • Indikator soal : Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam jika unsur-unsur yang diperlukan diketahui

Diketahui 2 lingkaran yang pusatnya P dan Q, dengan jarak PQ = 25 cm. Panjang jari-jari lingkaran berturut-turut dengan pusat P=7 cm dan pusat Q= 13 cm. Panjang garis singgung persekutuan dalamnya adalah ….
A. 10 cm
B. 12 cm
C. 15 cm
D. 20 cm

Kunci jawaban: C
Pembahasan :.

 

Soal nomor 29

  • Indikator SKL : Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
  • Indikator Soal : Menentukan nama unsur pada bangun ruang sisi lengkung

Perhatikan gambar berikut!

Unsur kerucut AC adalah….
A. diameter
B. jari-jari
C. garis pelukis
D. garis tinggi

Kunci jawaban: C
Pembahasan
AC dan AB = garis pelukis
OA = garis tinggi
BC = diameter
OB dan OC = jari-jari

Soal nomor 30

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan model kerangka bangun ruang

Budi membuat kerangka balok terbuat dari kawat sebanyak mungkin dengan ukuran 25 cm x 20 cm x 10 cm. Jika Budi memiliki kawat sepanjang 5 m, maka sisa kawatnya adalah ….
A. 20 cm
B. 40 cm
C. 60 cm
D. 80 cm

Kunci jawaban: C
Pembahasan
Sebuah kerangka memerlukan kawat = 4 x ( 25 + 20 + 10) cm = 220 cm
Sisa kawat = 5 m – 2 (220) cm = 500 cm – 440 cm = 60 cm

Soal nomor 31

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang
  • Indikator Soal : Menghitung volume limas dari gambar dengan unsur yang diperlukan diketahui.

Perhatikan gambar di bawah ini!

Alas sebuah limas berbentuk persegi dengan keliling 40 cm dan panjang TK = 13 cm.
Volum limas tersebut adalah ….
A. 400 cm3
B. 480 cm3
C. 1200 cm3
D. 1440 cm3

Kunci jawaban : A Pembahasan :

 

Soal nomor 32

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bola

Volum bola terbesar yang dapat dimasukan kedalam dus berbentuk kubus dengan panjang rusuk 18 cm adalah … .

A. 1296 cm
B. 972pcm
C. 468cm
D. 324cm

Kunci jawaban : B

 

Soal nomor 33

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas kubus

Jumlah luas seluruh permukaan kubus yang panjang diagonal bidangnya 8 cm adalah … .
A. 48 cm2
B. 72 cm2
C. 96 cm2
D. 192 cm2

Kunci jawaban: D
Pembahasan :

 

Soal nomor 34

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
  • Indikator Soal : Menghitung luas tabung jika unsur yang diperlukan diketahui

Luas seluruh permukaan tabung yang berdiameter 14 cm dan tinggi 15 cm adalah …. (= 22/7)

A. 814 cm2
B. 868 cm2
C. 968 cm2
D. 1.232 cm2

Kunci jawaban: C
Pembahasan :

 

Soal nomor 35

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi datar

Sebuah gedung berbentuk balok dengan ukuran 15 m x 10 m x 4 m. Dinding bagian dalam di cat seluruhnya dengan biaya Rp.30.000,00 permeter persegi. Seluruh biaya pengecatan gedung adalah … .
A. Rp6.000.000,00
B. Rp6.900.000,00
C. Rp9.000.000,00
D. Rp12.000.000,00

Kunci jawaban : B
Pembahasan :
Diketahui: p = 10 m, l = 8 m, t = 4 m
Di cat dinding dalam = sisi tegak
( alas tidak, atap juga tidak)
L = 2 ( p x t) + 2(l x t)
= 2 ( 15 x 4) + 2(10 x 4) = 120 + 80 = 200 m2

Biaya = 200 x Rp30.000,00 = Rp6.000.000,00

Soal nomor 36

  • Indikator SKL : Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
  • Indikator Soal : Menghitung mean, median, atau modus data tunggal

Modus dari data 7, 8, 6, 5, 6, 5, 8, 7, 6, 9 adalah ….
A. 6
B. 6, 5
C. 6, 7
D. 7

Kunci jawaban: A
Pembahasan :
Modus adalah nilai yang paling sering muncul, yaitu 6.

Soal nomor 37

  • Indikator SKL : Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
  • Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan nilai rata-rata.

Berat rata-rata dari 15 siswa adalah 52 kg dan berat rata-rata 25 orang lainya adalah 48 kg. Berat rata-rata dari keseluruhan kedua kelompok tersebut adalah… .
A. 50,5 kg
B. 50 kg
C. 49,5 kg
D. 49 kg

Kunci jawaban : D
Pembahasan
Jumlah berat 15 orang = 15 x 52 = 780 kg
Jumlah berat 25 orang = 25 x 48 = 1200 kg
Jumlah berat 40 orang = 780kg + 1200 kg
= 1.980 kg
Nilai rata-rata berat 40 orang
= 1.980 kg : 40 = 49,5 kg

Soal nomor 37

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
  • Indikator Soal : Siswa dapat menafsirkan data yang disajikan dalam bentuk diagram
    batang, diagram lingkaran, atau diagram garis

Diagram batang di bawah menunjukkan nilai ulangan matematika.

 

Siswa yang memperoleh nilai kurang dari 8 sebanyak ….

A. 5 orang
B. 7 orang
C. 10 orang
D. 8 orang

Kunci jawaban: C
Pembahasan
Nilai kurang dari 8 adalah 7, 6 dan 5
Jumlahnya = 5 + 4 + 1 = 10 orang

Soal nomor 39

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
  • Indikator Soal : Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan melambungkan tiga uang logam

Di dalam percobaan melempar 3 uang logam , peluang munculnya 2 angka adalah …

 

Kunci jawaban : A

Pembahasan :

 

Soal nomor 40

  • Indikator SKL : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian
  • Indikator Soal : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan peluang

Di dalam suatu kantong berisi 20 kelereng kuning, 16 kelereng putih dan 24 kelereng biru. Jika diambil lagi secara acak, berapa persen nilai kemungkinan terambil kelereng berwarna biru adalah . . . .
A. 20 %
B. 24 %
C. 40 %
D. 48 %

Kunci jawaban: C
Pembahasan :

 

Demikian ulasan mengenai Materi Pengayaan Soal Ujian Nasional Matematika SMP 2018. Semoga bermanfaat.

Lihat Juga : Pendidikan di Korea Selatan memiliki sistem yang sangat dihormati dan sangat kompetitif

BARISAN dan DERET

 

Materi / SKL / Kisi-kisi Ujian : BARISAN dan DERET

  • POLA BILANGAN
  • BARISAN BILANGAN
  • DERET BILANGAN

1) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2005
Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 0, 4, 10, 18.... adalah....
A. 1/2 n (n + 1)
B. 2n (n + 1)
C. (n − 1)(n + 2)
D. (n + 1)(n + 2)

2) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2006
Dalam gedung pertunjukkan disusun kursi dengan baris paling depan terdiri dari 12 buah, baris kedua berisi 14 buah, baris ketiga 16 buah dan seterusnya selalu bertambah 2. Banyaknya kursi pada baris ke-20 adalah....
A. 28 buah
B. 50 buah
C. 58 buah
D. 60 buah

3) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2007
Pada tumpukan batu bata, banyak batu bata paling atas ada 8 buah, tepat di bawahnya ada 10 buah, dan seterusnya setiap tumpukan di bawahnya selalu lebih banyak 2 buah dari tumpukan di atasnya. Jika ada 15 tumpukan batu bata (dari atas sampai bawah), berapa banyak batu bata pada tumpukan paling bawah ?
A. 35 buah
B. 36 buah
C. 38 buah
D. 40 buah

4) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2008
Perhatikan gambar pola berikut!

Banyak lingkaran pada pola ke-10 adalah....
A. 99 buah
B. 104 buah
C. 115 buah
D. 120 buah

5) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2008
Suku ke-22 dari barisan 99, 93, 87, 81,...adalah....
A. –27
B. –21
C. –15
D. –9

6) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2009
Budi sedang menumpuk kursi yang tingginya masing-masing 90 cm. Tinggi tumpukan 2 kursi 96 cm, dan tinggi tumpukan 3 kursi 102 cm. Tinggi tumpukan 10 kursi adalah....
A. 117 cm
B. 120 cm
C. 144 cm
D. 150 cm

7) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2009
Rumus suku ke-n barisan adalah Un = 2n (n − 1) . Hasil dari U9 – U7 adalah....
A. 80
B. 70
C. 60
D. 50

8) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
Perhatikan gambar pola di bawah.

Banyak lingkaran pada pola ke–20 adalah....
A. 380
B. 420
C. 462
D. 506

9) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2010
Dua suku berikutnya dari barisan bilangan 50, 45, 39, 32, … adalah....
A. 24, 15
B. 24, 16
C. 25, 17
D. 25, 18

10) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2011
Diketahui Un = 2n2 − 5. Nilai dari U4 + U5 adalah....
A. 154
B. 82
C. 72
D. 26

11) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2012
Dua suku berikutnya dari barisan 3, 4, 6, 9, adalah....
A. 13, 18
B. 13, 17
C. 12, 26
D. 12, 15

12) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2012
Dari barisan aritmetika diketahui u3 = 18 dan u7 = 38. Jumlah 24 suku pertama adalah....
A. 786
B. 1248
C. 1572
D. 3144

13) UN Matematika SMP / MTs Tahun 2012
Amuba membelah diri menjadi dua setiap 20 menit. Jika mula-mula terdapat 15 amuba, maka setelah 2 jam banyak amuba menjadi.....
A. 2120
B. 1920
C. 960
D. 480

14) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013
Suatu barisan aritmetika, suku ke-3 = 14 dan suku ke-7 = 30. Jumlah 30 suku pertama adalah...
A. 1.290
B. 1.920
C. 3.840
D. 3.480

15) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013
Diketahui barisan bilangan −3, 1, 5, 9, 13,.... . Suku ke-52 adalah...
A. 201
B. 207
C. 208
D. 215

16) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2013
Diketahui barisan bilangan 8, 4, 2, 1,.... Rumus suku ke-n barisan tersebut adalah....
A. 2n + 2
B. 2n − 4
C. 2−n + 4
D. 2n − 1

17) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2014
Diketahui suatu barisan aritmetika dengan U5 = 7 dan U8 = 13. Suku ke-20 adalah….
A. 39
B. 37
C. – 37
D. – 39

18) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2014
Dari barisan aritmetika diketahui U3 = 18 dan U7 = 38. Jumlah 24 suku pertama adalah....
A. 786
B. 1.248
C. 1.572
D. 3.144

19) UN Matematika SMP/MTs Tahun 2014
Dalam ruang sidang terdapat 15 baris kursi, baris paling depan terdapat 23 kursi, baris berikutnya 2 kursi lebih banyak dari baris di depannya. Jumlah kursi dalam ruang sidang tersebut adalah….
A. 555
B. 385
C. 1.110
D. 1.140

20) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2015
Diketahui barisan bilangan: 3, 8, 13, 18, 23,....
Suku ke-32 adalah.....
A. 465
B. 168
C. 158
D. 153

21) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2015
Seutas tali dibagi menjadi enam bagian, sehingga bagian-bagiannya membentuk barisan geometri. Jika panjang tali terpendek 9 cm dan panjang tali terpanjang 288 m, maka panjang tali mula-mula adalah....
A. 567 m
B. 576 m
C. 586 m
D. 596 m

22) UN Matematika SMP/MTS Tahun 2015
Jumlah bilangan kelipatan 4 antara 200 dan 400 adalah....
A. 9.504
B. 14.300
C. 14.604
D. 14.700

 

 

Mau soal yang lain silahkan download disini

 

Search Browser 1 matematika hots :

soal matematika hots, soal matematika hots smp, soal matematika hots sd, soal matematika hots sma, soal matematika hots kelas 5, soal matematika hots kelas 6, soal matematika hots sma dan pembahasan, soal matematika hots kelas 4, soal induksi matematika hots, soal hots matematika kelas 9 bilangan berpangkat dan bentuk akar


pengembangan bahan ajar digital matematika sma kelas x berorientasi hots
analisis kesulitan belajar matematika berbasis hots pada siswa kelas iv
soal hots matematika smp kelas 7 aljabar
rpp hots matematika bangun ruang sisi lengkung model pbl doc

soal hots matematika bilangan bulat kelas 6
soal hots matematika bangun ruang
soal hots matematika bangun datar
soal hots matematika bilangan bulat kelas 7


download buku matematika kelas 6 seri hots
rpp matematika kelas 6 berbasis hots
soal kelas 6 bilangan bulat
soal hots matematika kelas 5 bangun ruang
contoh soal sd kelas 6 bangun ruang
soal hots matematika smp kelas 7 bilangan bulat
contoh soal hots matematika smp dan pembahasannya tentang bangun datar
rpp matematika kelas 5 berbasis hots
soal hots matematika c4 c5 c6
contoh soal matematika hots
contoh soal smp

contoh soal hots matematika sd kelas 5 dan pembahasannya
contoh soal hots matematika sd kelas 4 dan pembahasannya
contoh soal sd kelas 3
contoh soal hots matematika sd kelas 6 bilangan bulat
contoh soal lots mots dan hots matematika

Search Browser 2 matematika hots :


soal hots dan pembahasannya
contoh soal hots matematika dan jawabannya
contoh soal hots matematika dan pembahasannya
hots dalam matematika
soal hots matematika sd kelas 6
contoh soal hots matematika sd kelas 4
soal hots matematika sd kelas 3
kumpulan soal hots matematika smp dan pembahasannya
download soal hots sd kelas 6 pdf
soal hots matematika smp dan pembahasannya pdf
soal hots matematika smp kelas 9 kurikulum 2013 dan pembahasannya
kumpulan soal hots matematika sma dan pembahasannya pdf
rpp matematika fpb dan kpk kelas 4 hots
soal hots matematika fpb dan kpk kelas 4

soal hots logika matematika dalam kehidupan sehari-hari
soal hots matematika smp himpunan


indikator soal hots matematika
contoh soal hots induksi matematika
jurnal hots matematika
contoh soal hots matematika sd dan jawabannya
kunci jawaban matematika hots
kumpulan soal matematika hots
soal hots matematika kelas 6
kumpulan soal hots matematika sma dan pembahasannya
soal hots matematika kelas 4

soal hots matematika lingkaran kelas 6
soal hots logika matematika
soal hots matematika kelas 6 materi lingkaran


latihan soal hots matematika smp
soal hots matematika sma program linear
contoh soal lots dan hots matematika
soal hots matematika materi barisan dan deret
modul soal hots matematika smp
soal pts matematika kelas 4 kurikulum merdeka
contoh soal hots matematika sd kelas 5 materi pecahan
contoh soal hots matematika pecahan senilai kelas 4 sd
soal hots matematika smp pdf

Search Browser 3 :

soal hots matematika sma pdf
soal hots matematika kelas 6 bangun ruang
soal matematika smp hots
soal matematika sma hots
soal olimpiade matematika smp hots
soal hots matematika smp teorema pythagoras
soal hots utbk matematika
soal hots vektor matematika kelas 10
soal hots vektor matematika
soal hots matematika wajib kelas 11
soal hots matematika sma kelas x
soal hots matematika kelas 1 sd kurikulum merdeka
soal hots olimpiade matematika smp
soal hots matematika peminatan kelas 12
soal hots matematika pecahan kelas 5


kisi kisi soal hots matematika sd kelas 5 semester 1
soal matematika kelas 6 semester 1

soal kelas 7 semester 1

soal matematika kelas 5 semester 1
soal hots matematika kelas 4 semester 2
soal hots matematika kelas 8 semester 2
soal hots matematika kelas 2
soal kelas 5 pecahan


contoh soal hots matematika kelas 5 semester 2
soal kelas 6 semester 2
soal kelas 7 semester 2
soal kelas 3
soal sd kelas 4
soal kelas 4 semester 1
contoh soal hots matematika sd kelas 5