Van Hiele (dalam Ismail, 1998) menyatakan bahwa terdapat 5 tahap pemahaman geometri yaitu: Tahap pengenalan, analisis, pengurutan, deduksi, dan keakuratan. mengenal dan menamakan bentuk-bentuk berdasarkan pada karakteristik luas dan tampilan dari bentuk-bentuk tersebut.
Menurut teori Van Hiele, siswa akan melalui lima tingkat berpikir dalam mempelajari dan memahami geometri, yaitu tahap-1 (visualisasi), tahap-2 (analisis), tahap-3 (deduksi informal), tahap-4 (deduksi), dan tahap-5 (rigor) (Van Hiele, 1957 : 249-250).
Level Analisis : Peserta didik level SD dalam melihat bentuk dan panjang sisi sisi. Teori Van Hiele adalah teori yang khusus digunakan dalam bidang geometri yang memiliki 5 tahapan pembelajaran yaitu tahap informasi, tahap orientasi terarah, tahap eksplisitasi, tahap orientasi bebas, dan tahap integrasi.
Level Abstraksi : Peserta didik dapat berpikir secara logis berdasarkan definisi. Dan dapat membedakan berdasarkan kebutuhan dan kecukupan. Dan masih informasi, penemuan sifat2 itu masih dari pengukuran.
Level Deduction: Mengenal sistem geometri matematika, ada definisi dan ada aksioma
Level Rigor : Peserta didik dapat membanding teorema-teoram dan aksioma berbeda tanpa model konkrit.
Pengukuran dalam bentuk sosial : Pak Budi mau menjual tanah dalam berbagai bentuk. Pengkuran dalam bentuk teknologi : Pengukuran berhubungan dengan teknologi.
Membangun konsep yang sebenarnya adalah luas daerah yang dibatasi lingkaran.
TRANSFORMASI GEOMETRI, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator-indikator :
1.Menjelaskan arti geometri dari suatu transformasi di bidang
2. Menjelaskan operasi translasi pada bidang beserta aturanya
3. Menentukan persamaan transformasi rotasi pada bidang
beserta aturan dan matriks rotasinya
4.Menjelaskan operasi refleksi pada bidang beserta aturanya
5.Menentukan persamaan transformasi refleksi pada bidang
beserta aturan dan matriks
6.Menjelaskan operasi dilatasi pada bidang beserta aturanya
7.Menentukan persamaan transformasi dilatasi pada bidang
beserta aturan dan matriks
8.Menentukan luas daerah dari suatu bidang hasil dilatasi
0 Comments
Terimakasih