Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Lengkap


Perangkat pembelajaran Matematika Kelas 8 untuk Kurikulum Merdeka mencakup berbagai dokumen dan bahan ajar yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka. Berikut adalah komponen utama dari perangkat pembelajaran yang biasanya disertakan:

1. Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

ATP berisi tujuan-tujuan pembelajaran yang perlu dicapai oleh peserta didik selama satu tahun ajaran. Tujuan ini dirancang berdasarkan capaian pembelajaran (CP) yang ditetapkan dalam Kurikulum Merdeka, dan disusun dalam urutan yang logis serta terstruktur.

2. Modul Ajar

Modul ajar adalah bahan ajar yang disusun untuk digunakan dalam satu atau beberapa pertemuan. Di dalamnya terdapat:

  • Capaian Pembelajaran: Kompetensi dasar yang harus dicapai siswa.
  • Materi Pembelajaran: Konten atau topik yang diajarkan.
  • Aktivitas Pembelajaran: Rencana kegiatan yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.
  • Asesmen: Evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.

3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP memuat langkah-langkah yang akan diambil dalam proses pembelajaran, termasuk tujuan, metode, media yang digunakan, dan asesmen. Dalam Kurikulum Merdeka, guru memiliki fleksibilitas lebih dalam menyusun RPP, namun elemen-elemen inti seperti tujuan pembelajaran, aktivitas siswa, dan asesmen tetap perlu diperhatikan.

4. Media Pembelajaran

Media pembelajaran bisa berupa alat visual, audio, maupun digital yang mendukung pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Dalam Kurikulum Merdeka, penggunaan teknologi dan konteks dunia nyata sangat dianjurkan.

5. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

LKPD adalah lembaran tugas atau soal yang digunakan oleh siswa untuk memahami konsep yang diajarkan. LKPD ini disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran dalam modul ajar.

6. Asesmen Formatif dan Sumatif

  • Asesmen formatif digunakan untuk memantau proses belajar siswa secara berkala, dan memberikan umpan balik untuk perbaikan.
  • Asesmen sumatif dilakukan pada akhir unit atau semester untuk mengevaluasi pencapaian siswa terhadap kompetensi yang telah ditetapkan.

7. Buku Siswa dan Buku Guru

Buku siswa berisi materi dan latihan-latihan, sedangkan buku guru memberikan panduan untuk mengajarkan materi serta tips dalam mengelola kelas dan mengevaluasi siswa.

8. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Kurikulum Merdeka menekankan pada integrasi proyek yang dapat mengembangkan karakter dan kompetensi siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, seperti berpikir kritis, mandiri, dan bergotong royong.

Jika Anda memerlukan contoh perangkat pembelajaran atau modul spesifik, saya bisa membantu untuk mengarahkan pada materi-materi yang sesuai atau menjelaskan lebih lanjut tentang poin tertentu.

 

  1. Salinan 0. PENJABARAN KALENDER PENDIDIKAN SMPN1 BTK TP 2024 2025.docx
  2. Salinan 0. SAMPUL PERANGKAT MENGAJAR.docx
  3. Salinan 01 DRAF PEMETAAN MATERI MATEMATIKA TP 2024 2025.docx
  4. Salinan 02. Kep.Ka. BSKAP No 32 Tahun 2024 tentang CP-Matematika.pdf
  5. Salinan 03. Analisis Keterkaitan CP TP IKTP Penilaian.docx
  6. Salinan 04. ATP Matematika Tahun Pelajaran 2024 2025. Kab. Brebes.docx
  7. Salinan 05. Distribusi Alokasi Waktu Kelas 8 TP 2024 2025 ref.docx
  8. Salinan 06 PROTA MATEMATIKA KELAS 8 TP 2024 2025.docx
  9. Salinan 07 PROMES MAT KELAS VIII SEM 1TP 2024 2025.docx
  10. Salinan 08. KKTP Kelas 8 TP 2024 2025.xlsx
  11. Salinan 9.1. MA POLA BILANGAN 2024.docx
  12. Salinan 9.1.1 BAB POLA BILANGAN ppt ref 2024.pptx
  13. Salinan 9.1.2 LKPD 8 BAB 1 POLA BILANGAN ( Pembahasan ).docx
  14. Salinan 9.2 MA Sistem Koordinat Cartesius.docx
  15. Salinan 9.3 MA. Relasi dan Fungsi.docx
  16. Salinan 9.4 MA Persamaan Garis Lurus.docx
  17. Salinan 9.5 MA SPLDV ref juli 2024.docx
  18. Salinan 9.5.2 BAB 5 SPLDV ppt ref Juli 2024.pptx
  19. Salinan 9.5.3 LPKD 8 BAB 5 SPLDV tuk Guru.docx