PEMILIHAN DAN PENATAAN MATERI/BAHAN PEMBELAJARN MATEMATIKA SMP/MTs

Mari kita cermati pengertian dari pembelajaran dan prinsip-prinsip pelaksanaannya yang termuat dalam Permendikbud Nomor 103 tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran berbasis aktivitas dengan karakteristik: interakstif dan inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, kontekstual dan kolaboratif, memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian siswa, sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan perkembangan fisik.



Dalam melaksanakan pembelajaran, prinsip-prinsip yang harus diterapkan adalah siswa difasilitasi untuk mencari tahu, siswa belajar dari berbagai sumber, proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah, pembelajaran berbasis kompetensi, pembelajaran terpadu, pembelajaran menekankan pada jawaban yang divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi, pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif, peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard kiills dan soft
kiills, pembelajaran mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat, pembelajaran menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarso sung tulodho), memebangun kemauan (ing madyo mangun karso), dan menegmbangkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani) , pembelajaran berlangsung di rumah, di sekolah, dan di
masyarakat, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran, pengakuan atas perbedaan individual dan latar belakang budaya siswa, suasana belajar menyenangkan dan menantang.