Sunday, July 23, 2017

AKREDITASI SEKOLAH

Sekapur Sirih Ketua BAN-S/M


Pembaca yang Budiman, 

Terima kasih Anda telah mengunjungi website Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M). Website ini kami kembangkan sebagai upaya untuk merealisasikan visi, misi, dan moto BAN-S/M sebagai salah satu lembaga penjaminan mutu pendidikan. Visi BAN-S/M adalah terwujudnya lembaga akreditasi sekolah/madrasah yang professional, terpercaya dan terbuka. Misi BAN-S/M adalah untuk: (1) mengembangkan sistem penyelenggaraan akreditasi yang efektif dan efisien; (2) mengembangkan perangkat dan mekanisme akreditasi yang tepat dan bermutu; (3) mengembangkan integritas dan kompetensi pelaksana akreditasi; (4) mengembangkan komunikasi, sinergi dan kerjasama akreditasi dengan berbagai pemangku kepentingan; (5) mengembangkan sistem informasi akreditasi sebagai bagian dari akuntabilitas publik dan pengambilan keputusan; (6) mengembangkan jejaring dan kemitraan dengan institusi akreditasi negara lain. Dengan moto Akreditasi Bermutu Untuk Pendidikan Bermutu, BAN-S/M berusaha terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan, sumberdaya manusia dan kinerja yang bermutu dalam empat pilar akreditasi yaitu perangkat, asesor, manajemen dan hasil akreditasi. 

Melalui website BAN-S/M para pembaca dapat memperoleh informasi resmi tentang kebijakan, program, dan kegiatan BAN-S/M serta hasil-hasil akreditasi sekolah/madrasah di Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri (SILN). Para pembaca juga dapat mengirimkan artikel populer yang terkait dengan akreditasi dan berinteraksi dengan mengajukan pertanyaan, kritik, saran, berita seputar sekolah/madrasah dan pengalaman akreditasi serta informasi lain yang bermanfaat. 

Selamat membaca. 

Ketua BAN-S/M 

Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed.
SUMBER
http://bansm.or.id
KLIK DIBWAH INI

Saturday, April 29, 2017

Ama PHD Wisata Rohani

Tiba di Semarang jam 17.11

Perjalanan Rohani punguan ama PHD Batam ke Semarang Barat

Berangkat 08.45 dari Batam dan sekarang masih di Bandara Sutta karena transit menunggu mulai jam 11 sampai jam 15.30.

Semoga perjalanan ama PHD diberkati Tuhan karena dalan rangka memuji dan memuliakan namaNya.

Wednesday, April 26, 2017

Penutupan Pelatihan Kegiatan PAK

1. Kita akan menemukan point2 permen 35
2. Undang-undang kenaikan golongan fungsional
A. Permen pan 16 2009
B. Permendiknas 35 tahun 2010
C. Permenpan dan permendiknas
3. Konsisten semangatnya
4. Kejujuran
5. pak delpa BKN Pekanbaru
6. pak Dwi BKN Pekanbaru

Tuesday, April 25, 2017

KEGIATAN PENYUSUNAN PENILAIAN ANGKA KREDIT TINGKAT TK, SD DAN SMP

Di Hotel Vista dari KANREG 12 Pekanbaru
Tgl 25-26 April 2017
1. Permasalahan DUPAK, PAK dan SKP
2. 1 Juni 2017 menerima berkas
3. Dan sistem diakhiri 31 Agustus 2018
4. 2 Januari 28 Februari untuk periode April
5. Mudah2an untuk 4B kebawah sistem JFT artinya reguler
6. Nilai baik 76 ke atas
7. Kanreg ada layanan konsultasi tapi didampingi BKD
8. Berkas asli ada di BKD scan yg ke kanreg
9. Naik golongan muaranya untuk naik pangkat dan naik jabatan
10. Sertifikat golongan dari pak wali kota harus disetujui BKN
11. PP 11 belum tahu kejelasan
12. Permenpan no 16 tahun 2009 tentang Skp
13. Yang tidak buat skp di hukum disiplin PP 53 tahun 2010
14. Direncana SKP sesuai dengan yg akan dicapai
15. Konteks SKP tak perlu ditambah
16. Penilaian tugas tambahan yg tidak ditargetkan
17. Pada aplikasi perhatikan rumus salah atau tidak. 
18. Komitmen bisa 91
19. Tak terima penilaian atasan bisa tidak ditanda tangani dan dilaporkan atau di sidang ke atas pejabat penilaian
20. Titik lemahnya Perka tentang SKP adalah masalah waktu
21. Yang tidak dilakukan tetap harus muncul diakhir tahun
22. Team penilai hanya dupak saja tidak perlu masuk ke SKP
23. Perka 1 tahun 2013 dasar skp
24. Membuat SKP harus dituangkan angka kredit 
25. Sasaran capaian harus teliti 
26. PKG ada nilai kwalitas 
27. Nilai capaian SKP dinyatakan dengan angka dan keterangan sbb:
91 – ke atas : Sangat baik
76 – 90 : Baik
61 – 75 : Cukup
51 – 60 : Kurang
50 – ke bawah : Buruk
28. Harus ada terlampir SK kenaikan jabatan ditanyakan ke dinas
29. Sering penilaian PAK dan dupak beda
30. PKG,DUPAK dan PAK harus ditetapkan setiap tahun
31. PKG ada yang tidak mengacu pada bukti fisik (misalnya jam mengajar , jumlah sertifikat)
32. AK hasil PKG di sekolah tidak sinkron
Dengan yang dituangkan pada DUPAK
33. Bukti kegiatan yg dinilai pada DUPAK tidak jelas
34. Penilaian sertifikat pengembangan diri seharusnya dilakukan pada saat /tahun sertifikat diperoleh 
35.Bagi guru yang tidak memenuhi syarat pengembangan 0profesi minimal seharusnya tidak direkomendasikan untuk diusulkan kenaikan pangkat 
36. Unsur penunjang maksimal dinilai 10%
37. Bagi guru yg memperoleh ijasah yg tidak sesuai bidang tugas dinilai pada unsur penunjang
38. Bagi guru yang memperoleh ijazah yg tidak sesuai dengan bidang tugas seharusnya tidak direkomendasikan untuk diusulkan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah
40. Penilaian AK Harus disertai dengan bukti fisik sesuai dengan permendiknas no 35 thn 2010 dan bukti fisik tersebut harus dilampirkan ke BKN pada saat pengusulan kenaikan pangkat 
41. Kumulatif AK dan PAK tidak sinkron, pertimbangan kenaikan pangkat dan kenaikan jabatan pada PAK tidak diisi
42. SK izin belajar/ tugas belajar tidak terlampir 
43. Bagi yang memperoleh pendidikan setingkat lebih tinggi harus melampirkan akreditasi program studi saat ijin belajar/tugas belajar ditetapkan
44. Bagi yg memperoleh pendidikan setingkat lebih tinggi harus melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir pejabat berwenang 
45. Ijasah yg sah menurut ketentuan perundang undangan 
46. Bagi yg memperoleh pendidikan setingkat lebih tinggi harus melampirkan status pendidikan pada pangkalan data dikti 
47. PAK yang dilampirkan pada saat pengusulan kenaikan pangkat adalah PAK asli (PAK tanda tangan dan stempel basah )

Administrasi Penilaian
1.       Penyatuan kegiatan dan bukti fisik
2.       Pengelompokan kegiatan/sub unsur
3.       Pengurutan kegiatan/sub unsur sesuai unsur
4.  
       Data dikelompokkan
        Dupak harus dilampirkan srt melaksanakan kegiatan
Dokumentasi pelatihan di Vista



Ibadah pagi di gereja HKBP Lubuk Baja

Mazmur 16:1-11 (TB)  Miktam. Dari Daud. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.
Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!"
Orang-orang kudus yang ada di tanah ini, merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku.
Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku.
Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.
Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku menyenangkan hatiku.
Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.
Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram;
sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Dikotbahkan Pdt Frans Sianipar, M.Th
1. Kata aku dalam nats adalah hubungan pribadi dalam doa dan ini tanpa batas kepada Tuhan segala keluh kesah
2. Dijaman Daud masih kemah suci belum ada rumah suci dan disana mengungkapkan doa
3. Pemazmur memohon perlindungan kepada Tuhan disetiap waktu
4. Setiap berdoa meyakini bahwa Tuhanlah yang melindungi dia.
5. Pemazmur bangkit dan bangun spritualitas kepada Tuhan
6. Kita memberlakukan Tuhan melebihi spritual pemazmur karena kita menjadikan Tuhan itu jadi apa saja.
7. Mazmur 16:2 (TB)  Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!" Inilah rahasianya penyebabnya kita lakukan Tuhan itu apa saja.
8. Tuhan itu baik makanya kita lakukan apa saja bagi Dia
9. Kuasa pengakuan ada kekuatan disana
10. Kita haus akan kebenaran seperti bayi yg menginginkan susu murni untuk jalan kehidupan
11. Kadang kita salah langkah cepat kembali ke jalan kebenaran dan hidup yaitu Yesus Kristus
12. Hidup dalam Yesus adalah hidup mempedomani Yesus sebagai jalan kebenaran dan hidup

Monday, April 24, 2017

Pesta Syukuran dan pengukuhan pengurus Parna Batam Centre

Kotbah Johanes 3:16
Oleh Pdt Efendi Nadeak , S.Th, M.M

Yohanes 3:16 (TB)  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Kotbah
1. Ukuran kasih Allah
2. Kasih manusia itu terbatas dalam ruang dan waktu
3. Ada kasih manusia dalam waktu jenuh
4. Kasih Tuhan yang kita rasakan adalah melampaui apa yg dipikirkan manusia atau apa yang dipikirkan iblis
5. Sasaran kasih Allah adalah bumi bukan planet yg lain.
6. Allah menyatakan kasih itu kepada orang yang berdosa
7. Dibagasan punguan boi hita mardenggan dohot dongan dan perubahan yg lain dalam kebenaran yg dari Nya
8. Kasih Allahlah yg menjadi tolak ukur dalam perbuatan kita.
9. Aplikasi kasih ini dalam punguan Parna
10. Tentukan eksistensi kita bahwa Parna menanamkan kasih
11. Kasih aplikasi dengan perbuatan jangan hanya kata2 dalam medsos dan yang lain karena Allah memberikan kasih bukan dengan kata-kata
12. Tanggapan atas kasih Allah tentunya kita katakan amin dan marilah kita terima keselamatan itu
13. Hanya orang2 yg hiduplah merespon kasih itu , berkat dalam sekeliling
14. Kasih Allah menghidupkan seluruh eksistensi kehidupan kita