Wednesday, April 26, 2017

Penutupan Pelatihan Kegiatan PAK

1. Kita akan menemukan point2 permen 35
2. Undang-undang kenaikan golongan fungsional
A. Permen pan 16 2009
B. Permendiknas 35 tahun 2010
C. Permenpan dan permendiknas
3. Konsisten semangatnya
4. Kejujuran
5. pak delpa BKN Pekanbaru
6. pak Dwi BKN Pekanbaru

Tuesday, April 25, 2017

KEGIATAN PENYUSUNAN PENILAIAN ANGKA KREDIT TINGKAT TK, SD DAN SMP

Di Hotel Vista dari KANREG 12 Pekanbaru
Tgl 25-26 April 2017
1. Permasalahan DUPAK, PAK dan SKP
2. 1 Juni 2017 menerima berkas
3. Dan sistem diakhiri 31 Agustus 2018
4. 2 Januari 28 Februari untuk periode April
5. Mudah2an untuk 4B kebawah sistem JFT artinya reguler
6. Nilai baik 76 ke atas
7. Kanreg ada layanan konsultasi tapi didampingi BKD
8. Berkas asli ada di BKD scan yg ke kanreg
9. Naik golongan muaranya untuk naik pangkat dan naik jabatan
10. Sertifikat golongan dari pak wali kota harus disetujui BKN
11. PP 11 belum tahu kejelasan
12. Permenpan no 16 tahun 2009 tentang Skp
13. Yang tidak buat skp di hukum disiplin PP 53 tahun 2010
14. Direncana SKP sesuai dengan yg akan dicapai
15. Konteks SKP tak perlu ditambah
16. Penilaian tugas tambahan yg tidak ditargetkan
17. Pada aplikasi perhatikan rumus salah atau tidak. 
18. Komitmen bisa 91
19. Tak terima penilaian atasan bisa tidak ditanda tangani dan dilaporkan atau di sidang ke atas pejabat penilaian
20. Titik lemahnya Perka tentang SKP adalah masalah waktu
21. Yang tidak dilakukan tetap harus muncul diakhir tahun
22. Team penilai hanya dupak saja tidak perlu masuk ke SKP
23. Perka 1 tahun 2013 dasar skp
24. Membuat SKP harus dituangkan angka kredit 
25. Sasaran capaian harus teliti 
26. PKG ada nilai kwalitas 
27. Nilai capaian SKP dinyatakan dengan angka dan keterangan sbb:
91 – ke atas : Sangat baik
76 – 90 : Baik
61 – 75 : Cukup
51 – 60 : Kurang
50 – ke bawah : Buruk
28. Harus ada terlampir SK kenaikan jabatan ditanyakan ke dinas
29. Sering penilaian PAK dan dupak beda
30. PKG,DUPAK dan PAK harus ditetapkan setiap tahun
31. PKG ada yang tidak mengacu pada bukti fisik (misalnya jam mengajar , jumlah sertifikat)
32. AK hasil PKG di sekolah tidak sinkron
Dengan yang dituangkan pada DUPAK
33. Bukti kegiatan yg dinilai pada DUPAK tidak jelas
34. Penilaian sertifikat pengembangan diri seharusnya dilakukan pada saat /tahun sertifikat diperoleh 
35.Bagi guru yang tidak memenuhi syarat pengembangan 0profesi minimal seharusnya tidak direkomendasikan untuk diusulkan kenaikan pangkat 
36. Unsur penunjang maksimal dinilai 10%
37. Bagi guru yg memperoleh ijasah yg tidak sesuai bidang tugas dinilai pada unsur penunjang
38. Bagi guru yang memperoleh ijazah yg tidak sesuai dengan bidang tugas seharusnya tidak direkomendasikan untuk diusulkan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah
40. Penilaian AK Harus disertai dengan bukti fisik sesuai dengan permendiknas no 35 thn 2010 dan bukti fisik tersebut harus dilampirkan ke BKN pada saat pengusulan kenaikan pangkat 
41. Kumulatif AK dan PAK tidak sinkron, pertimbangan kenaikan pangkat dan kenaikan jabatan pada PAK tidak diisi
42. SK izin belajar/ tugas belajar tidak terlampir 
43. Bagi yang memperoleh pendidikan setingkat lebih tinggi harus melampirkan akreditasi program studi saat ijin belajar/tugas belajar ditetapkan
44. Bagi yg memperoleh pendidikan setingkat lebih tinggi harus melampirkan ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir pejabat berwenang 
45. Ijasah yg sah menurut ketentuan perundang undangan 
46. Bagi yg memperoleh pendidikan setingkat lebih tinggi harus melampirkan status pendidikan pada pangkalan data dikti 
47. PAK yang dilampirkan pada saat pengusulan kenaikan pangkat adalah PAK asli (PAK tanda tangan dan stempel basah )

Administrasi Penilaian
1.       Penyatuan kegiatan dan bukti fisik
2.       Pengelompokan kegiatan/sub unsur
3.       Pengurutan kegiatan/sub unsur sesuai unsur
4.  
       Data dikelompokkan
        Dupak harus dilampirkan srt melaksanakan kegiatan
Dokumentasi pelatihan di Vista



Ibadah pagi di gereja HKBP Lubuk Baja

Mazmur 16:1-11 (TB)  Miktam. Dari Daud. Jagalah aku, ya Allah, sebab pada-Mu aku berlindung.
Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!"
Orang-orang kudus yang ada di tanah ini, merekalah orang mulia yang selalu menjadi kesukaanku.
Bertambah besar kesedihan orang-orang yang mengikuti allah lain; aku tidak akan ikut mempersembahkan korban curahan mereka yang dari darah, juga tidak akan menyebut-nyebut nama mereka di bibirku.
Ya TUHAN, Engkaulah bagian warisanku dan pialaku, Engkau sendirilah yang meneguhkan bagian yang diundikan kepadaku.
Tali pengukur jatuh bagiku di tempat-tempat yang permai; ya, milik pusakaku menyenangkan hatiku.
Aku memuji TUHAN, yang telah memberi nasihat kepadaku, ya, pada waktu malam hati nuraniku mengajari aku.
Aku senantiasa memandang kepada TUHAN; karena Ia berdiri di sebelah kananku, aku tidak goyah.
Sebab itu hatiku bersukacita dan jiwaku bersorak-sorak, bahkan tubuhku akan diam dengan tenteram;
sebab Engkau tidak menyerahkan aku ke dunia orang mati, dan tidak membiarkan Orang Kudus-Mu melihat kebinasaan.
Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah, di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.

Dikotbahkan Pdt Frans Sianipar, M.Th
1. Kata aku dalam nats adalah hubungan pribadi dalam doa dan ini tanpa batas kepada Tuhan segala keluh kesah
2. Dijaman Daud masih kemah suci belum ada rumah suci dan disana mengungkapkan doa
3. Pemazmur memohon perlindungan kepada Tuhan disetiap waktu
4. Setiap berdoa meyakini bahwa Tuhanlah yang melindungi dia.
5. Pemazmur bangkit dan bangun spritualitas kepada Tuhan
6. Kita memberlakukan Tuhan melebihi spritual pemazmur karena kita menjadikan Tuhan itu jadi apa saja.
7. Mazmur 16:2 (TB)  Aku berkata kepada TUHAN: "Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!" Inilah rahasianya penyebabnya kita lakukan Tuhan itu apa saja.
8. Tuhan itu baik makanya kita lakukan apa saja bagi Dia
9. Kuasa pengakuan ada kekuatan disana
10. Kita haus akan kebenaran seperti bayi yg menginginkan susu murni untuk jalan kehidupan
11. Kadang kita salah langkah cepat kembali ke jalan kebenaran dan hidup yaitu Yesus Kristus
12. Hidup dalam Yesus adalah hidup mempedomani Yesus sebagai jalan kebenaran dan hidup

Monday, April 24, 2017

Pesta Syukuran dan pengukuhan pengurus Parna Batam Centre

Kotbah Johanes 3:16
Oleh Pdt Efendi Nadeak , S.Th, M.M

Yohanes 3:16 (TB)  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Kotbah
1. Ukuran kasih Allah
2. Kasih manusia itu terbatas dalam ruang dan waktu
3. Ada kasih manusia dalam waktu jenuh
4. Kasih Tuhan yang kita rasakan adalah melampaui apa yg dipikirkan manusia atau apa yang dipikirkan iblis
5. Sasaran kasih Allah adalah bumi bukan planet yg lain.
6. Allah menyatakan kasih itu kepada orang yang berdosa
7. Dibagasan punguan boi hita mardenggan dohot dongan dan perubahan yg lain dalam kebenaran yg dari Nya
8. Kasih Allahlah yg menjadi tolak ukur dalam perbuatan kita.
9. Aplikasi kasih ini dalam punguan Parna
10. Tentukan eksistensi kita bahwa Parna menanamkan kasih
11. Kasih aplikasi dengan perbuatan jangan hanya kata2 dalam medsos dan yang lain karena Allah memberikan kasih bukan dengan kata-kata
12. Tanggapan atas kasih Allah tentunya kita katakan amin dan marilah kita terima keselamatan itu
13. Hanya orang2 yg hiduplah merespon kasih itu , berkat dalam sekeliling
14. Kasih Allah menghidupkan seluruh eksistensi kehidupan kita

Saturday, April 22, 2017

Rapat Panitia pengukuhan dan syukuran parna wilayah Batam Centre

Undangan "Marilah kita dgn sukacita menghadiri rapat persiapan terakhir pesta sukuran Parna Wil Btm Center nanti mlm jam 19.00 di rmh korwil Bp. W Simbolon/ Br Htbarat, Per Eden Park blok I No 3..''Diharap bisa hadir semua utk mengetahui tugas msg2. Mauliate".

Realisasi
1. Persiapan tempat besok jam 09.00 di HU diutamakan untuk naposo
2. Mobil angkutan standby jam 06.00 wib
3. Acara beres dikonfirmasi pendeta dan sintua
4. Song leader dari naposo
5. Pengukuhan dilakukan korwil Batam
6. Wilayah yang mau dikukuhkan pakai jas kalau bisa
7. Mambuat tua ni gondang biasa hasuhuton do dan diterapkan dalam acara pesta syukuran ini
8. Juru lelang saat makan dan selesai manortor. Pendataan lelang tehnisnya sudah dikonfirmasi
9. Sektor 3 ima B Siadari br Siagian dan Silalahi br Situmorang
10. Besok hadir juru lelang jam 12 siang di lokasi pesta untuk mempersiapkan teknis
11. 22 jenis konsumsi sudah konfirm pengurus sektor untuk yg melelang
12. Manjalo lelang sudah ditangani di pa pilaya
13. Kerja sesuai jobnya masing-masing yang sudah ditetapkan
14. Tempat duduk sektor sudah selesai diatur lokasi besok
15. Pemasukan toktok ripe dan proposal yang sampai hanya Rp 10.000.000 dan yang lain menyusul
16. Sian naposo Menerima tamu, lelang,olop2, songleader,parkiran dohot komsumsi
17. Panitia saat Hari H sudah di tempat 09.30 wib
18. Penerima tamu di setiap sektor disediakan oleh sektor dibantu naposo
19. Ketua panitia bukan kata sambutan tapi laporan panitia
20. Komsumsi sian sektor 3 bere sinabutar
21. Pengarahan duduk ditempat semua tamu saat makan
22. Disediakan nasi putih 1 bakul di ember untuk antisipasi dan strofom
23. Naposo manjaga dakdanak
24. Sesuaikan etika dan karakter di tempat
25. Gondang mangaliat sesuaikan dengan waktu diatur oleh panitia
26. Tor-tor dakdanak diatur sebagus mungkin
27. Pokok doa disediakan panitia
28. Pake pita dan dibedakan Bona (merah), boru (putih) dan bere /ibebere (diserahkan sama naposo nanti buat warnanya)
29. Anggota baru disediakan waktu ke depan
30. Yang sudah bayar langsung di ceklis petugas di meja sektor
31. Molo adong naposo tolong diarahkan naposo na tu wilayah Batam Centre
32. Nomor satu adalah komunikasi

RAPAT GURU SMP N 51 BATAM


  1. Kelulusan siswa sesuai PERMENDIKANAS NO 3 TAHUN 2017 ditetapkan sekolah
  2. Kelulusan minimal nilai 60 dan rata-rata 68 sesuai dengan KKM yang kita tetapkan tahun kini dari input masing-masing mata pelajaran
  3. Nilai USBN diserahkan ke Helda kelas IX semester 1-5 kkm 68 dan semester 6 KKM berbeda
  4. Komite rapat mengusulkan ada acara perpisahan
  5. Masing-masing wali kelas mengkoordinasikan acara
  6. Tanggal 18 Mei 2017 ada yang ikut cerdas cermat tingkat kota Batam
  7. Ada 6 orang akan dibina guru mapel yang bersangkutan dan sebagai kegiatan pengayaan 
  8. Dimulai tanggal 25 april 2017 dan diusahakan 1 hari 1 mapel sampai tanggal 18 Mei 2017
  9. Tentang akreditasi apa yang sudah dibagi silahkan diisi
  10.  


Friday, April 21, 2017

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (KD 1.1)

Standar Kompetensi

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)
1.1 Memahami karakter peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social-ekonomi, moral, spiritual, dan latar belakang social budaya
Indikator esensial
1.1.1 Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran IPS model pembelajaran kooperatif, guru dapat mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual dan latar belakang social budaya

Materi Esensial
KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
A.ASPEK FISIK
            Pertumbuhan fisik adalahperubahan –perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Perubahan-perubahan ini meliputi: perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
Urutan perubahan fisikadalah sebagai berikut:
Pada anak perempuan:
1.Pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan memanjang)
2.pertumbuhan payudara
3.Tumbuh bulu halus berwarna gelap di kemaluan
4.Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
5. bulu kemaluan menjadi keriting
6.Menstruasi atau haid
7.Tumbuh bulu ketiak
Pada anaklaki-laki:
1.Pertumbuhan tulang-tulang
2.Testis (buah pelir) membesar
3.Tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus,dan berwarna gelap
4. Awal perubahan suara
5.Ejakulasi (keluar air mani)
6.(Bulu kemaluan menjadi keriting
7. Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
8.Tumbuh rambut-rambut halsdi wajah (kumis, jenggot)
9.Tumbuh bulu ketiak
10.Akhir perubahan suara
11.Rambut-rambut di wajah berambah tebal dan gelap
12. Tumbuh bulu di dada

B. ASPEK INTELEKTUAL
Intelegensi pada masa remaja tidak mudah diukur, karena tidak mudah terlihat perubahan kecepatan perkembangankemampuan tersebut. Perkembangan kognitif menurut Jean Peaget adalah sebgai berikut:
TAHAP
UMUR (tahun)
CIRI POKOK PERKEMBANGAN
SENSORIMOTOR
0 – 2
Berdasarkan tindakan langkah demi langkah
PRAOPERASI
2 – 7
  • Penggunaan simbo/bahasa/tanda
  • Konsep intuitif
OPERASI KONKRET
8 – 11
  • Pakai aturan jelas/logis
  • Reversible
OPERASI FORMAL
11 ke atas
  • Hipotesis
  • Abstrak
  • Deduktif dan induktif
  • Logis dan probabilitas

C.ASPEK SOSIAL
Kehidupan sosial pada masa remaja ditandai oleh hal-hal sebagai berikut:
1.Menonjolnya fungsi intelektual dan emosional
2.Anak mengalami krisis identitas, sehingga mereka ingin mencari jati diri dan teman akrab
3. Pergaulan remaja diwujudkan dalam bentuk kelompok, baik besar maupun kecil

D. ASPEK EMOSIONAL
Secara tradisional masa remaja dianggap sebagai periode “badai dan tekanan”, suatu masa dimana ketegangan emosi meningkat akibat dari perubahan fisik dan kelenjar.
Ciri-ciri emosional remaja adalah:
a.Usia 12 – 15 tahun
1.Pada usia ini anak cenderung banyak murung dan tidak dapat diterka. Sebagian kemurungan sebagai akibat perubahan-perubahan biologis dalam hubungannya dengan kematangan seksual dan sebagian lagi karena kebingungannya dalam menghadapi apakh ia masih sebagai anak-anak atau sebagiai orang dewasa.
2. Anak mungkin bertingkah laku kasar untuk menutupi kekurangan dalam hal percaya diri
3. Ledakan-ledakan kemarahan mungkin bisa terjadi
4. Remaja cenderung tidak toleran terhadap orang lain dan membenarkan pendapatnya sendiri yang disebabkan kurangnya rasa percaya diri.
5. Siswa-siswa di SMP mulai mengamatiorang tua dan guru-guru mereka secara lebih objektif dan mungkin menjadi marah apabila mereka ditipu dengan gaya guru yang bersikap serba tahu.
E.KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA
Bahasa remaja adalah bahasa yang telah berkembang. Anakremaja telah banyak belajar dari lingkungannya  dan dengan demikian bahasa remajater bentuk oleh kondisi lingkungan.
Ciri khas bahasa remaja antara lain:
1.Munculnya bahasa pergaulan dikalangan mereka sendiri seperti bahas sandi, bahas prokem, dll
2. Pemilihan kosakata maupun nada bicara sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal remaja tersebut.
F. PERKEMBANGAN NILAI DAN MORAL
Perubahan moral yang harus dilakukanoleh remaja adalahsebagai berikut:
1.Pandangan moral individu makin lama makin menjadi abstrak
2.Keyakinan moral lebih terpusat pada apa yang benar dan kurang pada apa yang salah
3.Penilaian moral menjadi semakin kognitif
4. Penilaian moral menjadi kurang egosentris
5. Penilaian moral secara psikologis menjadi lebih mahal dalam arti bahwa penilaian moral merupakan bahan emosi dan menimbulkan ketegangan.

STADIUM
ORIENTASI
Prakonvensional
  • Stadium 1

  • Stadium 2
 
  • Anak berorientasi pada kepatuhan dan hukuman

  • Berlaku prinsip relativistik-hedonism
Konvensional
  • Stadium 3

  • Stadium 4
 
  • Ingin selalu dianggap menjadi anak baik

  • Tahap mempertahankan norma-norma sosial dan otoritas
Pasca konvensional
  • Stadium 5


  • Stadium 6
 
  • Tahap orientasi terhadap perjanjian antara dirinya dengan lingkungan sosial

  • Tahap ini disebut Prinsip universal