Saturday, April 22, 2017

Rapat Panitia pengukuhan dan syukuran parna wilayah Batam Centre

Undangan "Marilah kita dgn sukacita menghadiri rapat persiapan terakhir pesta sukuran Parna Wil Btm Center nanti mlm jam 19.00 di rmh korwil Bp. W Simbolon/ Br Htbarat, Per Eden Park blok I No 3..''Diharap bisa hadir semua utk mengetahui tugas msg2. Mauliate".

Realisasi
1. Persiapan tempat besok jam 09.00 di HU diutamakan untuk naposo
2. Mobil angkutan standby jam 06.00 wib
3. Acara beres dikonfirmasi pendeta dan sintua
4. Song leader dari naposo
5. Pengukuhan dilakukan korwil Batam
6. Wilayah yang mau dikukuhkan pakai jas kalau bisa
7. Mambuat tua ni gondang biasa hasuhuton do dan diterapkan dalam acara pesta syukuran ini
8. Juru lelang saat makan dan selesai manortor. Pendataan lelang tehnisnya sudah dikonfirmasi
9. Sektor 3 ima B Siadari br Siagian dan Silalahi br Situmorang
10. Besok hadir juru lelang jam 12 siang di lokasi pesta untuk mempersiapkan teknis
11. 22 jenis konsumsi sudah konfirm pengurus sektor untuk yg melelang
12. Manjalo lelang sudah ditangani di pa pilaya
13. Kerja sesuai jobnya masing-masing yang sudah ditetapkan
14. Tempat duduk sektor sudah selesai diatur lokasi besok
15. Pemasukan toktok ripe dan proposal yang sampai hanya Rp 10.000.000 dan yang lain menyusul
16. Sian naposo Menerima tamu, lelang,olop2, songleader,parkiran dohot komsumsi
17. Panitia saat Hari H sudah di tempat 09.30 wib
18. Penerima tamu di setiap sektor disediakan oleh sektor dibantu naposo
19. Ketua panitia bukan kata sambutan tapi laporan panitia
20. Komsumsi sian sektor 3 bere sinabutar
21. Pengarahan duduk ditempat semua tamu saat makan
22. Disediakan nasi putih 1 bakul di ember untuk antisipasi dan strofom
23. Naposo manjaga dakdanak
24. Sesuaikan etika dan karakter di tempat
25. Gondang mangaliat sesuaikan dengan waktu diatur oleh panitia
26. Tor-tor dakdanak diatur sebagus mungkin
27. Pokok doa disediakan panitia
28. Pake pita dan dibedakan Bona (merah), boru (putih) dan bere /ibebere (diserahkan sama naposo nanti buat warnanya)
29. Anggota baru disediakan waktu ke depan
30. Yang sudah bayar langsung di ceklis petugas di meja sektor
31. Molo adong naposo tolong diarahkan naposo na tu wilayah Batam Centre
32. Nomor satu adalah komunikasi

RAPAT GURU SMP N 51 BATAM


  1. Kelulusan siswa sesuai PERMENDIKANAS NO 3 TAHUN 2017 ditetapkan sekolah
  2. Kelulusan minimal nilai 60 dan rata-rata 68 sesuai dengan KKM yang kita tetapkan tahun kini dari input masing-masing mata pelajaran
  3. Nilai USBN diserahkan ke Helda kelas IX semester 1-5 kkm 68 dan semester 6 KKM berbeda
  4. Komite rapat mengusulkan ada acara perpisahan
  5. Masing-masing wali kelas mengkoordinasikan acara
  6. Tanggal 18 Mei 2017 ada yang ikut cerdas cermat tingkat kota Batam
  7. Ada 6 orang akan dibina guru mapel yang bersangkutan dan sebagai kegiatan pengayaan 
  8. Dimulai tanggal 25 april 2017 dan diusahakan 1 hari 1 mapel sampai tanggal 18 Mei 2017
  9. Tentang akreditasi apa yang sudah dibagi silahkan diisi
  10.  


Friday, April 21, 2017

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (KD 1.1)

Standar Kompetensi

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)
1.1 Memahami karakter peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social-ekonomi, moral, spiritual, dan latar belakang social budaya
Indikator esensial
1.1.1 Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran IPS model pembelajaran kooperatif, guru dapat mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual dan latar belakang social budaya

Materi Esensial
KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
A.ASPEK FISIK
            Pertumbuhan fisik adalahperubahan –perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Perubahan-perubahan ini meliputi: perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
Urutan perubahan fisikadalah sebagai berikut:
Pada anak perempuan:
1.Pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan memanjang)
2.pertumbuhan payudara
3.Tumbuh bulu halus berwarna gelap di kemaluan
4.Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
5. bulu kemaluan menjadi keriting
6.Menstruasi atau haid
7.Tumbuh bulu ketiak
Pada anaklaki-laki:
1.Pertumbuhan tulang-tulang
2.Testis (buah pelir) membesar
3.Tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus,dan berwarna gelap
4. Awal perubahan suara
5.Ejakulasi (keluar air mani)
6.(Bulu kemaluan menjadi keriting
7. Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
8.Tumbuh rambut-rambut halsdi wajah (kumis, jenggot)
9.Tumbuh bulu ketiak
10.Akhir perubahan suara
11.Rambut-rambut di wajah berambah tebal dan gelap
12. Tumbuh bulu di dada

B. ASPEK INTELEKTUAL
Intelegensi pada masa remaja tidak mudah diukur, karena tidak mudah terlihat perubahan kecepatan perkembangankemampuan tersebut. Perkembangan kognitif menurut Jean Peaget adalah sebgai berikut:
TAHAP
UMUR (tahun)
CIRI POKOK PERKEMBANGAN
SENSORIMOTOR
0 – 2
Berdasarkan tindakan langkah demi langkah
PRAOPERASI
2 – 7
  • Penggunaan simbo/bahasa/tanda
  • Konsep intuitif
OPERASI KONKRET
8 – 11
  • Pakai aturan jelas/logis
  • Reversible
OPERASI FORMAL
11 ke atas
  • Hipotesis
  • Abstrak
  • Deduktif dan induktif
  • Logis dan probabilitas

C.ASPEK SOSIAL
Kehidupan sosial pada masa remaja ditandai oleh hal-hal sebagai berikut:
1.Menonjolnya fungsi intelektual dan emosional
2.Anak mengalami krisis identitas, sehingga mereka ingin mencari jati diri dan teman akrab
3. Pergaulan remaja diwujudkan dalam bentuk kelompok, baik besar maupun kecil

D. ASPEK EMOSIONAL
Secara tradisional masa remaja dianggap sebagai periode “badai dan tekanan”, suatu masa dimana ketegangan emosi meningkat akibat dari perubahan fisik dan kelenjar.
Ciri-ciri emosional remaja adalah:
a.Usia 12 – 15 tahun
1.Pada usia ini anak cenderung banyak murung dan tidak dapat diterka. Sebagian kemurungan sebagai akibat perubahan-perubahan biologis dalam hubungannya dengan kematangan seksual dan sebagian lagi karena kebingungannya dalam menghadapi apakh ia masih sebagai anak-anak atau sebagiai orang dewasa.
2. Anak mungkin bertingkah laku kasar untuk menutupi kekurangan dalam hal percaya diri
3. Ledakan-ledakan kemarahan mungkin bisa terjadi
4. Remaja cenderung tidak toleran terhadap orang lain dan membenarkan pendapatnya sendiri yang disebabkan kurangnya rasa percaya diri.
5. Siswa-siswa di SMP mulai mengamatiorang tua dan guru-guru mereka secara lebih objektif dan mungkin menjadi marah apabila mereka ditipu dengan gaya guru yang bersikap serba tahu.
E.KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA
Bahasa remaja adalah bahasa yang telah berkembang. Anakremaja telah banyak belajar dari lingkungannya  dan dengan demikian bahasa remajater bentuk oleh kondisi lingkungan.
Ciri khas bahasa remaja antara lain:
1.Munculnya bahasa pergaulan dikalangan mereka sendiri seperti bahas sandi, bahas prokem, dll
2. Pemilihan kosakata maupun nada bicara sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal remaja tersebut.
F. PERKEMBANGAN NILAI DAN MORAL
Perubahan moral yang harus dilakukanoleh remaja adalahsebagai berikut:
1.Pandangan moral individu makin lama makin menjadi abstrak
2.Keyakinan moral lebih terpusat pada apa yang benar dan kurang pada apa yang salah
3.Penilaian moral menjadi semakin kognitif
4. Penilaian moral menjadi kurang egosentris
5. Penilaian moral secara psikologis menjadi lebih mahal dalam arti bahwa penilaian moral merupakan bahan emosi dan menimbulkan ketegangan.

STADIUM
ORIENTASI
Prakonvensional
  • Stadium 1

  • Stadium 2
 
  • Anak berorientasi pada kepatuhan dan hukuman

  • Berlaku prinsip relativistik-hedonism
Konvensional
  • Stadium 3

  • Stadium 4
 
  • Ingin selalu dianggap menjadi anak baik

  • Tahap mempertahankan norma-norma sosial dan otoritas
Pasca konvensional
  • Stadium 5


  • Stadium 6
 
  • Tahap orientasi terhadap perjanjian antara dirinya dengan lingkungan sosial

  • Tahap ini disebut Prinsip universal

Buat Judul Blog di tengah

Silahkan copipaste yang dibawah ke CSS

/* Header
----------------------------------------------- */
.header-outer {
  background: $(header.background.color) $(header.background.gradient) repeat-x scroll top left;
  _background-image: none;
  color: $(header.text.color);
text-align:center;
}