Saturday, April 22, 2017

RAPAT GURU SMP N 51 BATAM


  1. Kelulusan siswa sesuai PERMENDIKANAS NO 3 TAHUN 2017 ditetapkan sekolah
  2. Kelulusan minimal nilai 60 dan rata-rata 68 sesuai dengan KKM yang kita tetapkan tahun kini dari input masing-masing mata pelajaran
  3. Nilai USBN diserahkan ke Helda kelas IX semester 1-5 kkm 68 dan semester 6 KKM berbeda
  4. Komite rapat mengusulkan ada acara perpisahan
  5. Masing-masing wali kelas mengkoordinasikan acara
  6. Tanggal 18 Mei 2017 ada yang ikut cerdas cermat tingkat kota Batam
  7. Ada 6 orang akan dibina guru mapel yang bersangkutan dan sebagai kegiatan pengayaan 
  8. Dimulai tanggal 25 april 2017 dan diusahakan 1 hari 1 mapel sampai tanggal 18 Mei 2017
  9. Tentang akreditasi apa yang sudah dibagi silahkan diisi
  10.  


Friday, April 21, 2017

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (KD 1.1)

Standar Kompetensi

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)
1.1 Memahami karakter peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social-ekonomi, moral, spiritual, dan latar belakang social budaya
Indikator esensial
1.1.1 Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran IPS model pembelajaran kooperatif, guru dapat mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual dan latar belakang social budaya

Materi Esensial
KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
A.ASPEK FISIK
            Pertumbuhan fisik adalahperubahan –perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Perubahan-perubahan ini meliputi: perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)
Urutan perubahan fisikadalah sebagai berikut:
Pada anak perempuan:
1.Pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan memanjang)
2.pertumbuhan payudara
3.Tumbuh bulu halus berwarna gelap di kemaluan
4.Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
5. bulu kemaluan menjadi keriting
6.Menstruasi atau haid
7.Tumbuh bulu ketiak
Pada anaklaki-laki:
1.Pertumbuhan tulang-tulang
2.Testis (buah pelir) membesar
3.Tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus,dan berwarna gelap
4. Awal perubahan suara
5.Ejakulasi (keluar air mani)
6.(Bulu kemaluan menjadi keriting
7. Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
8.Tumbuh rambut-rambut halsdi wajah (kumis, jenggot)
9.Tumbuh bulu ketiak
10.Akhir perubahan suara
11.Rambut-rambut di wajah berambah tebal dan gelap
12. Tumbuh bulu di dada

B. ASPEK INTELEKTUAL
Intelegensi pada masa remaja tidak mudah diukur, karena tidak mudah terlihat perubahan kecepatan perkembangankemampuan tersebut. Perkembangan kognitif menurut Jean Peaget adalah sebgai berikut:
TAHAP
UMUR (tahun)
CIRI POKOK PERKEMBANGAN
SENSORIMOTOR
0 – 2
Berdasarkan tindakan langkah demi langkah
PRAOPERASI
2 – 7
  • Penggunaan simbo/bahasa/tanda
  • Konsep intuitif
OPERASI KONKRET
8 – 11
  • Pakai aturan jelas/logis
  • Reversible
OPERASI FORMAL
11 ke atas
  • Hipotesis
  • Abstrak
  • Deduktif dan induktif
  • Logis dan probabilitas

C.ASPEK SOSIAL
Kehidupan sosial pada masa remaja ditandai oleh hal-hal sebagai berikut:
1.Menonjolnya fungsi intelektual dan emosional
2.Anak mengalami krisis identitas, sehingga mereka ingin mencari jati diri dan teman akrab
3. Pergaulan remaja diwujudkan dalam bentuk kelompok, baik besar maupun kecil

D. ASPEK EMOSIONAL
Secara tradisional masa remaja dianggap sebagai periode “badai dan tekanan”, suatu masa dimana ketegangan emosi meningkat akibat dari perubahan fisik dan kelenjar.
Ciri-ciri emosional remaja adalah:
a.Usia 12 – 15 tahun
1.Pada usia ini anak cenderung banyak murung dan tidak dapat diterka. Sebagian kemurungan sebagai akibat perubahan-perubahan biologis dalam hubungannya dengan kematangan seksual dan sebagian lagi karena kebingungannya dalam menghadapi apakh ia masih sebagai anak-anak atau sebagiai orang dewasa.
2. Anak mungkin bertingkah laku kasar untuk menutupi kekurangan dalam hal percaya diri
3. Ledakan-ledakan kemarahan mungkin bisa terjadi
4. Remaja cenderung tidak toleran terhadap orang lain dan membenarkan pendapatnya sendiri yang disebabkan kurangnya rasa percaya diri.
5. Siswa-siswa di SMP mulai mengamatiorang tua dan guru-guru mereka secara lebih objektif dan mungkin menjadi marah apabila mereka ditipu dengan gaya guru yang bersikap serba tahu.
E.KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA
Bahasa remaja adalah bahasa yang telah berkembang. Anakremaja telah banyak belajar dari lingkungannya  dan dengan demikian bahasa remajater bentuk oleh kondisi lingkungan.
Ciri khas bahasa remaja antara lain:
1.Munculnya bahasa pergaulan dikalangan mereka sendiri seperti bahas sandi, bahas prokem, dll
2. Pemilihan kosakata maupun nada bicara sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal remaja tersebut.
F. PERKEMBANGAN NILAI DAN MORAL
Perubahan moral yang harus dilakukanoleh remaja adalahsebagai berikut:
1.Pandangan moral individu makin lama makin menjadi abstrak
2.Keyakinan moral lebih terpusat pada apa yang benar dan kurang pada apa yang salah
3.Penilaian moral menjadi semakin kognitif
4. Penilaian moral menjadi kurang egosentris
5. Penilaian moral secara psikologis menjadi lebih mahal dalam arti bahwa penilaian moral merupakan bahan emosi dan menimbulkan ketegangan.

STADIUM
ORIENTASI
Prakonvensional
  • Stadium 1

  • Stadium 2
 
  • Anak berorientasi pada kepatuhan dan hukuman

  • Berlaku prinsip relativistik-hedonism
Konvensional
  • Stadium 3

  • Stadium 4
 
  • Ingin selalu dianggap menjadi anak baik

  • Tahap mempertahankan norma-norma sosial dan otoritas
Pasca konvensional
  • Stadium 5


  • Stadium 6
 
  • Tahap orientasi terhadap perjanjian antara dirinya dengan lingkungan sosial

  • Tahap ini disebut Prinsip universal

Buat Judul Blog di tengah

Silahkan copipaste yang dibawah ke CSS

/* Header
----------------------------------------------- */
.header-outer {
  background: $(header.background.color) $(header.background.gradient) repeat-x scroll top left;
  _background-image: none;
  color: $(header.text.color);
text-align:center;
}

Thursday, April 20, 2017

Kebaktian wijk Batam Kota

Dirumah Napitupulu br samosir legenda Bali
1 Petrus 1:3-9 (TOBA)  (II.) Pinuji ma Debata, Ama ni Tuhanta Jesus Kristus, naung manubuhon hita paduahalihon, sian godang ni asi ni rohana, marhitehite haheheon ni Jesus Kristus sian angka na mate, asa marpangkirimon na mangolu hita.
Di siteanon na manongtong, na so marlindang, na so ra malos, na sinimpan di banua ginjang di hamu.
Ai diramoti do hamu hinorhon ni gogo ni Debata marhitehite haporseaon, asa sahat tu haluaon, naung rade sipapataron di tingki na parpudi i.
I do dihalashon hamu, nang pe marsak hamu satongkin nuaeng, di bagasan ragam ni pangunjunan, molo tung ingkon i.
Ai naeng jumpang do hatauon ni haporseaonmuna, na andul ummarga sian sere na so manahan, nang pe diuji api i, bahen pujipujian dohot hamuliaon dohot hasangapon, di hapapatar ni Jesus Kristus i.
Atik pe so dung diida hamu Ibana, dihaholongi hamu do Ibana, na hinaporseaanmuna, nang so diida hamu Ibana nuaeng, gabe mariaia do hamu, di bagasan halalas ni roha na so tarhatahon jala na tongam,
gabe jaloonmuna do ujung ni haporseaonmuna, i ma haluaon ni tondimuna.

By inang Bibelvro Tetty br hombing
1. 5 Kebutuhan manusia
A. Mangan, tempat tinggal,
B. Kebutuhan rasa aman dan tentram
C. Kebutuhan sosial dicintai disayangi dan lain2
D. kebutuhan untuk dihargai
E. Kebutuhan aktualisasi pangkat jabatan dll

2. Dalam terpenuhinya 5 kebutuhan ini orang dapat merasa tenang. Apakah sudah bisa dipastikan? Walaupun sudah dipenuhi masih tetap manusia belum nyaman

3.inilah yg diajari Petrus bukanlah harta duniawi aja yg dikejar orang percaya

4. 1 Petrus 1:1 (TOBA)  (I.) Ahu surat ni si Petrus, apostel ni Jesus Kristus, mandapothon angka paisolat, naung tarpillit, na marserak di Pontus, Galatia, Kappadosia, Asia dohot Bitinia,
Tujuan surat on tu paisolat boi ma didok pangaranto yg hidup bukan ditengah Kristen. Dan terjadi penolakan ini pada abad I walaupun hidupnya sebagai teladan penuh kasih. Dan sebaliknya mereka difitnah dan ditekan Kaisar Nero

5. Kaisar Nero berkuasa banyak orang Kristen mati martir. Dan semakin merambat walaupun banyak martir

6. 1 Petrus 1:6 (TOBA)  I do dihalashon hamu, nang pe marsak hamu satongkin nuaeng, di bagasan ragam ni pangunjunan, molo tung ingkon i.
Petrus mengakui jangan kita contoh keyakinan dia terhadap Yesus sebelum disalib.

7. 1 Petrus 2:20 (TOBA)  Ai barita dia ma i, ia benget hamu manaon pangalinsingon, anggo tung ala ni dosamuna? Alai molo benget hamu manaon na porsuk, balos ni ulaonmuna na denggan, i do asiasi di roha ni Debata.

8. Hal baik yg kita buat kadangkala difitnah dan itulah merupakan bagian penegakan kepercayaan kita. Kalo karna kebenaran yakinlah Tuhan melihat itu.

9. Sudah saatnya kita berbuat walaupun mengalami penderita dan dengan inilah iman kita semakin bertumbuh. Diibaratkan dengan pendulangan emas

10. Apa yg membuat kita berjuang m3nderita karena ada keyakinan kita ada tempat disediakan Allah Bapa bagi kita.